SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kalah dengan Thailand, Makanan Halal dari Indonesia Belum Bisa Diterima Beberapa Negara

Kamis, 26 November 2015 12:34 by zia92 | 1853 hits
Kalah dengan Thailand, Makanan Halal dari Indonesia Belum Bisa Diterima Beberapa Negara
Image source: republika.c

DREAMERS.ID - Mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesardi dunia, kita pasti berpikir kalau Indonesia bisa menjadi produsen makanan Halal terbesar. Tapi nyatanya, makanan berlabel Halal dari Indonesia masih belum bisa diterima di beberapa negara.

Arie Parikesit, seorang pakar kuliner mengatakan bahwa Indonesia masih kalah dibandingkan Thailand sebagai produsen makanan Halal. "Padahal di Thailand, penduduk muslimnya hanya 10 persen dari sekitar 5 atau 6 juta, tidak banyak dibandingkan dengan Indonesia. Tapi Thailand sudah menjadi pusat makanan halal terbesar di dunia dengan sasaran utama Timur Tengah, Pakistan, dan Inggris," katanya pada Selasa (24/11) mengutip CNN.

Menurut Arie, salah satu hal yang menghambat Indonesia merebut posisi tersebut dikarenakan standar Halal di Indonesia tidak sama di beberapa negara. Misalnya saja di negara-negara persemakmuran, mereka akan memilih makanan halal dari negara persemakmuran lainnya dibandingkan dengan negara-negara lain.

Baca juga: Jepang Siapkan Makanan Halal untuk Wisatawan Muslim Olimpiade Tokyo 2020

Hal sama diungkapkan oleh pakar kuliner Tendi Naim dengan mencontohkan Malaysia yang makanan Halalnya lebih maju karena memiliki latar belakang sebagai negara persemakmuran. "Ada proses pengecekannya. Enaknya Malaysia negara commonwealth, jadi punya standar yag sama. Kalau kita kan mungkin ada faktor politis lainnya yang mungkin kita tidak tahu," kata Tendi.

Tendi mengatakan bahwa untuk mendapatkan label Halal pada makanan, ada proses panjang yang harus dilalui, mulai dari pemilihan bahan sampai pengemasan. Cara mendapatkan bahan pun dinilai, apakah dilakukan melalui proses transaksi yang Halal atau tidak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Setiap akhir tahun, Google selalu merilis daftar pencarian yang paling populer di sepanjang tahun. Menurut Head of Marketing Google Indonesia, Filipina, dan SEA NBU, Veronica Utami, pengungkapan hasil penelusuruan ini dilakukan setiap tahun dan selalu menarik....
  • HOT !
    Perhelatan OPPO INNO DAY 2019 akhirnya digelar di Shenzhen, China pada 10 Desember waktu setempat. Mengangkat tema besar Creat Beyond Boundaries, event ini bertujuan memberikan gambaran mengenai inovasi pada era koneksi cerdas....
  • HOT !
    Mengunjungi tempat yang menarik, unik serta sedang tren dikalangan warganet memang sangat mengasyikkan. Namun, bagaimana jika tempat yang sedang menjadi perbincangan tersebut merupakan tempat yang menyeramkan?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)