SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Menjaga Kesehatan Mulut, Menggosok Gigi Miliki Manfaat Bagi Jantung Hingga Pembuluh Darah

Rabu, 04 November 2015 23:00 by zia92 | 1497 hits
Tak Hanya Menjaga Kesehatan Mulut, Menggosok Gigi Miliki Manfaat Bagi Jantung Hingga Pembuluh Darah
Image source: lifehack.or

DREAMERS.ID - Selama ini, kita menggosok gigi mungkin hanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut yang meliputi gigi, gusi, dan lidah. Tapi tahukah kamu Dreamers, kalau menggosok gigi juga memiliki manfaat kesehatan lain bagi tubuh?

Yap! Melansir laman Huffington Post, berikut adalah beberapa manfaat lain dari menjaga kesehatan gigi dan mulut yang sepintas tidak ada hubungannya dengan gigi, seperti jantung hingga pembuluh darah.

1. Mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Medicine pada tahun 2012 membuktikan, orang yang secara teratur menjaga kebersihan gigi cenderung memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

2. Mencegah stroke

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa kunjungan rutin ke dokter gigi akan menurunkan risiko stroke.

3. Mencegah radang gusi

Tidak terlalu aneh memang, jika dikatakan bahwa kebersihan gigi bisa mencegah radang gusi. Hasil penelitian di National Insititute of Dental and Craniofacial Research juga menyarankan untuk gosok gigi 2 kali sehari jika tidak ingin gusinya gampang bengkak.

4. Mencegah radang paru-paru

Pneumonia atau radang paru-paru kronis bisa juga dicegah dengan menjaga kebersihan gigi. Penelitian tahun 2011 yang dimuat di Journal of Periodontology menunjukkan bahwa kebersihan gigi bisa mengurangi risiko pneumonia maupun Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) yang dipicu oleh masuknya bakteri dari mulut ke paru-paru.

5. Menjaga kesehatan bayi dalam kandungan

Penelitian tahun 2007 menunjukkan bahwa ibu hamil yang menjaga kesehatan gigi cenderung melahirkan bayi yang lebih sehat, jarang lahir prematur atau berat badannya rendah. Tidak diketahui pasti apa hubungannya, tetapi para ahli menyarankan agar para ibu rajin-rajin sikat gigi saat hamil.

6. Mencegah impotensi

Radang gusi juga berhubungan dengan peningkatan risiko impotensi pada laki-laki. Menurut sebuah penelitian, laki-laki yang menderita radang gusi lebih banyak mengalami impotensi mulai dari tingkat keparahan sedang hingga sangat parah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Bagi penggemar musik K Pop, permainan SuperStar menjadi salah satu yang difavoritkan. Terlebih sudah hadir berbagai jenis SuperStar, dan sekarang saatnya seri baru hadir untuk penggemar artis naungan Woollim Entertainment....
  • HOT !
    Selain tak ramah lingkungan karena kebanyakan menggunakan plastik, jenis minuman yang mengandung pemanis dan karbonasi memang telah lama dianggap tidak menyehatkan. Dan karena alasan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana untuk mengenakan tarif cukai pada produk berkemasan plastik serta produk minuman berpemanis dan berkarbonasi....
  • HOT !
    Kabar menyenangkan untuk para fans dari Kang Daniel atau yang disebut Danity. Kakao Friends nampaknya siap merilis menu spesial yang menampilkan Kang Daniel dan karakternya, Apeach!...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)