SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Takut Menggigil! Mandi Air Dingin Miliki Banyak Manfaat

Selasa, 27 Oktober 2015 23:00 by zia92 | 2798 hits
Jangan Takut Menggigil! Mandi Air Dingin Miliki Banyak Manfaat
Image source: today.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika bukan untuk mengusir rasa gerah karena cuaca yang benar-benar panas, mungkin mandi dengan air dingin menjadi pilihan yangterakhir. Orang cenderung memilih suhu sedang atau hangat yang bisa menenangkan.

Tapi jika untuk meningkatkan manfaat pada tubuh, para ahli lebih menyarankan untuk mandi air dingin. Suhu air yang direkomendasikan adalah 15 derajat Celcius atau di bawahnya, setara dengan dinginnya air kolam.

Tapi apa sebenarnya manfaat yang dihasilkan dari mandi air dingin ini? Berikut adalah beberapa diantaranya seperti melansir laman Women’s health Mag.

1. Mencerahkan suasana hati

“Hidroterapi dengan air dingin dapat meningkatkan beta-endorphin dan noradrenalin dalam darah, yang selanjutnya bisa memiliki efek anti-depresan pada mood atau suasana hati,” kata Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiater asal Beverly Hills.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses juga menemukan bahwa mandi dengan air dingin selama 2-3 menit selama 2 minggu bisa mendorong suasana hati.

2. Meredakan nyeri otot

Mandi dengan air dingin setelah olahraga bisa memulihkan nyeri otot, kata Henry Halse, seorang spesialis strength and conditioning di Philadelphia. Jika merasa sakit dibagian otot tertentu, Halse menyarankan untuk mengarahkan shower ke bagian tersebut selama lima menit.

Baca juga: Sering Digunakan, Ternyata Shower Puff Tidak Disarankan Oleh Ahli Dermatologi, Ini Alasannya

3. Kulit semakin cantik

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari air dingin adalah dengan membersihkan tubuh dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah semua kotoran hilang dan bersih, baru mandi dengan air dingin.

Menurut Neal Schultz, MD, dermatolog di New York City, mandi air dingin bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori, serta mengurangi bengkak pada mata. Dan tak hanya kulit menjadi halus dan cerah, saat menggunakan makeup, aplikasinya pun semakin mudah.

4. Rambut berkilau

Kutikula pada rambut bisa mengering jika disiram dengan air hangat sehingga membuat rambut memiliki banyak masalah. Julia Tzu, pendiri dan direktur medis dari Wall Street Dermatology menyarankan untuk membilas rambut dengan air dingin setelah menggunakan conditioner. Efeknya, rambut akan menjadi lebih berkilau dan halus karena folikel rambut kembali rata dan kelembabannya terkunci.

5. Mengatasi stres

Menurut Tzu, air dingin yang mengalir di wajah dapat membantu relaksasi dan memperlambat detak jantung yang cepatakibat stres.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah masih terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat tentang penyebaran virus corona (Covid 19) di Indonesia. Kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah menyiapkan aplikasi untuk melacak pasien corona....
  • HOT !
    Harus menghabiskan waktu sepanjang hari di rumah tentu akan membosankan. Daripada hanya tidur atau menonton film, tidak ada salahnya jika kamu mencoba resep camilan yang mudah da hanya butuh 3 bahan baku yaitu Chocolate Truffles....
  • HOT !
    Saat ini hampir seluruh masyarakat didunia sedang berjuang untuk melawan virus corona, tidak jarang sebagian dari mereka merasakan takut, stress, dan panik yang berlebihan. Bahkan dilansir dari CNN, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa, Andri mengingatkan untuk tidak terlalu stress dan cemas dalam menghadapi virus COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)