home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Bakteri Berbahaya Menempel di Sikat Gigi, Simak Cara Mencegahnya

Jumat, 25 September 2015 14:09 by zia92 | 10267 hits
Ada Bakteri Berbahaya Menempel di Sikat Gigi, Simak Cara Mencegahnya
Image source: nypost.com

DREAMERSRADIO.COM - Sikat gigi mnjadi salah satu benda paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mulut dan gigi. Sehingga kebersihannya pun harus diperhatikan. Jangan sampai sikat gigi yang kita gunakan sehari-hari justru membawa penyakit bagi tubuh.

Menurut Maria L. Geisinger, asisten guru besar periodontologi di School of Dentistry, Universitas Alabama, Birmingham, sikat gigi yang kita gunakan ternyata bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Staph, E.Coli, bakteri usus, dan kuman dari feses. Hii..

Maria juga menyatakan bahwa kontaminasi bakteri ini terjadi akibat tangan yang jarang dicuci atau sikat gigi terciprat air saat menyiram toilet. Nah untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang dilansir laman Women’s Health berikut.

1. Bersihkan sikat gigi sebelum digunakan

Sebelum digunakan, siram sikat gigi dengan air keran atau celupkan ke dalam cairan mouthwash antibakteri agar bakteri dan kuman yang ada bisa dihilangkan sebelum digunakan dan masuk ke dalam mulut kita.

2. Berkumur

Selain sikat gigi yang dibersihkan, area mulut juga perlu dibersihkan sebelum menyikat gigi. Yaitu dengan berkumur dengan mouthwash untuk mengurangi jumlah kuman yang menempel/

Baca juga: Tidak Asal Sikat, Ini Cara Membersihkan Gigi Dengan Benar

3. Posisi sikat gigi

Posisi sikat gigi saat disimpan di kamar mandi juga penting. Letakkan sikat gigi dengan posisi berdiri di tempat terbuka.

4. Pisahkan sikat gigi jika sedang sakit

Jikakebetulan sedang sakit, sebaiknya menyimpan sikat gigi milikmu terpisah dengan anggota keluarga lain. Dan setelah sembuh, ganti sikat gigi.

Secara umum, mengganti sikat gigi secara rutin setiap tiga bulan sekali adalah langkah lain untuk menjaga kebersihan. Sebagai tambahan, pergilah ke dokter gigi secara rutin, tidak berbagi sikat gigi dengan orang lain, dan cuci tangan setelah menggunakan toilet sebelum menggunakan sikat gigi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Lemon yang terasa asam banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. Namun pernahkah anda mengetahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi air dari lemon justru dapat menimbulkan beberapa masalah lho, Dreamers....
  • HOT !
    Setelah pada November 2019 lalu WhatsApp telah merilis fitur katalog untuk membatu pengguna akun bisnis, di mana fitur tersebut hanya sebatas menampilkan etalase produk yang dijual tanpa transaksi. Kini, WhatsApp telah menyempurnakan fitur katalog tersebut dengan merilis fitur belanja....
  • HOT !
    Kimchi merupakan makanan tradisional makanan yang wajib ada di rumah setiap warga Korea. Namun, masyarakat Korea Selatan kini mengalami krisis kimchi akibat cuaca ekstrim yang menyapu bersih ladang kubis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : omovey
Cast : Lee Jonghyun, Nindy, Rania (all fictive)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)