SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Jajanan Kaki Lima yang Bahayakan Kesehatan Menurut BPOM

Kamis, 17 September 2015 20:10 by zia92 | 22278 hits
Ini Dia Jajanan Kaki Lima yang Bahayakan Kesehatan Menurut BPOM
Image source: photobucket

DREAMERSRADIO.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menemukan ada empat jenis jajanan yang paling bermasalah. Persoalan yang paling banyak ditemukan dari jajanan tersebut adalah masalah kebersihan dan sanitasi.

Melansir laman CNN Indonesia, berikut adalah beberapa jajanan yang dibilang paling bermasalah menurut BPOM.

1. Es

"Persoalan yang paling banyak itu masalah mikrobiologi. Dari hasil kajian kami yang paling bermasalah adalah es," kata Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM Mustofa saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (17/9).

Mustofa menjelaskan, es-es yang beredar di masyarakat tidak sepenuhnya sehat, apalagi es balok. Bukan karena ada bahan berbahaya yang dikandung es, tapi justru air yang digunakan untuk membuat es tidak higienis.

Ia menjelaskan, BPOM menemukan air yang digunakan untuk membuat es adalah air mentah. Bahkan kata Mustofa ada juga es yang terbuat dari air sungai. "Yang bermasalah itu sumber air untuk membuat esnya. Kalau tidak air mentah ya air sungai," ujarnya.

Menurut Mustofa, penggunaan es balok untuk minuman atau jajanan jenis es sebenarnya salah besar. Es balok sebenarnya diperuntukkan untuk mendinginkan ikan agar segarnya tahan lama.

2. Sirup

Baca juga: Ini Dia 8 Jajanan Kaki Lima Halal yang Ada di Korea Selatan, Dijamin Enak!

Jajanan bermasalah lainnya yang ditemukan BPOM adalah sirop. Mustofa mengatakan sirop yang beredar di pasaran kadang mengandung pewarna yang berlebihan atau bahkan pewarna yang tidak diperbolehkan untuk makanan.

3. Jelly

Jelly atau agar-agar yang banyak dijual oleh pedagang keliling di sekitar rumah atau sekolah juga mengandung bahan-bahan yang membahayakan.

4. Bakso

Siapa yang tak menyukai penganan yang satu ini. Bakso memang tidak berbahaya atau mengganggu kesehatan jika dibeli di tempat yang terjamin kebersihannya. Tapi saat membeli bakso yang ditemui di sekolah-sekolah tentu harus berpikir ulang.

"Kalau dari segi keamanan mikrobiologi, empat makanan inilah yang paling banyak bermasalah di jajanan anak sekolah. Kalau empat ini dibereskan sudah bagus kondisi jajanannya," ujar Mustofa.

(fzh)

  • HOT !
    Jilbab tak hanya dipakai oleh wanita umat muslim saja. Ada banyak budaya dari berbagai negara yang menggunakan jilbab dengan penyebutan istilah yang berbeda beda. Apa saja?...
  • HOT !
    Siapa yang tidak menyukai mie instan? Salah satu makanan yang sering di konsumsi oleh masyarakat, terutama jika cuaca sedang mendukung seperti mendung, hujan, ataupun saat terserang lapar di tengah malam, mengkonsumsi mie instan menjadi pilihan pertama dalam mengatasi masalah tersebut. Namun, bagaimana jika seseorang mengkonsumsi mie instan setiap hari?...
  • HOT !
    Apakah kamu termasuk orang yang sering menatap layar gadget dalam waktu berjam jam? Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan mata. Jika sering dipaksakan menatap layar juga akan berpengaruh pada penurunan fungsi penglihatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Rezkyka
Cast : Kim Myun Ji (oc), Lee Jinki, Choi Minho, Jung Yong Hwa, Seo Hyun, Choi Sulli

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)