SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kota Asal Muasal Nama 'Korea' di Korea Utara Ini Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO!

Kamis, 20 Agustus 2015 20:10 by ningcil | 4425 hits
Kota Asal Muasal Nama 'Korea' di Korea Utara Ini Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO!
Image source: news.com.au

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, jika kamu berpikir bahwa di Korea Utara tidak ada objek wisata yang menarik, tunggu dulu! Di negara ‘kembaran’ Korea Selatan ini ada kota Kaesong yang dipilih UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Apa yang istimewa dari kota ini? Rupanya, kota ini punya hubungan yang sangat erat dengan nama Korea sekarang. Hm… kira-kira apa ya?

Kaesong adalah sebuah kota di Provinsi Hwanghae Utara. Kota ini pernah menjadi ibukota Dinasti Koryo yang berlangsung sejak 918 hingga 1392. Dinasti Koryo adalah dinasti yang memberi identitas bagi Korea, sebelum terpecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan. Dari Dinasti Koryo inilah muncul nama Korea.


Image source: snipview.com

Baca juga: Waspada Wabah Demam Babi Afrika, Sejumlah Festival dan Objek Wisata Korea Selatan Ditutup

Kota ini mempunyai banyak peninggalan sejarah, di antaranya kuburan raja-raja Korea, benteng tua, hingga sekolah yang berusia 700 tahun. Di kota ini, total ada 12 situs sejarah yang menjadi jantung berdirinya Korea. UNESCO sendiri menilai Kaesong sebagai kota yang bernilai politis, kultural, filosofis, dan spiritual.


Image source: snipview.com

Monumen dan situs-situs bersejarah ini terletak beberapa kilometer dari kawasan industri yang dulu pernah dikelola oleh Korea Utara dan Korea Selatan secara bersama-sama. Namun akibat situasi politis antar kedua negara yang makin memanas, kawasan ini pun ditutup.


Image source: dw.com

Sebelumnya, Kaesong berada di dalam wilayah Korea Selatan. Namun saat Perang Korea terjadi tahun 1950-1953, Kaesong menjadi berada di bawah kendali Korea Utara. Bahkan hingga perang saudara ini selesai, Kaesong masih diduduki Korea Utara. Kaesong pun jadi satu-satunya kota yang berubah kepemilikan akibat perang saudara ini.

(nes) 

Komentar
  • HOT !
    Pada (10/10) Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto megalami kejadian yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit akibat tragedi penusukan di bagian perut oleh orang tak dikenal ketika berkunjung di Pandeglang, Banten....
  • HOT !
    Maraknya aplikasi pesan online membuat Whatsapp selalu memberikan inovasi terhadap fitur aplikasinya. Bukan hanya mengirim teks, tetapi kini Whatsapp juga sudah dapat mengirimkan beberapa file video, foto, dokumen, bahkan website....
  • HOT !
    Coklat menjadi salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang, dari segala kalangan dan segala usia. Coklat seperti makanan wajib bagi para pecintanya. Jika kamu sedang berwisata ke Seoul, ada baiknya mencoba olahan coklat dari kafe Cacao Dada....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)