home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

10 Benda Kotor dan Penuh Kuman yang Kita Sentuh Setiap Hari

Rabu, 19 Agustus 2015 16:16 by ningcil | 3195 hits
10 Benda Kotor dan Penuh Kuman yang Kita Sentuh Setiap Hari
Image source: playbuzz.co

DREAMERSRADIO.COM - Dengan kemajuan ilmu kedokteran dan kesehatan, orang-orang kini mulai sadar tentang arti pentingnya kebersihan. Polusi udara yang menumpuk juga telah berperan terhadap kesadaran akan pentingnya kebersihan. Kebanyakan dari kita mencegahnya adalah dengan menggunakan hand sanitizer demi tetap menjaga tangan tetap higienis dan bersih.

 Namun terlepas dari berbagai ‘atribut’ kebersihan tersebut, tahukah bahwa setiap hari sebenarnya kita terjebak dalam siklus bersentuhan dengan benda-benda kotor dan penuh kuman? Dilansir Magforwomen, berikut 10 benda penuh kuman yang kita sentuh hampir setiap hari:

1. Dudukan Toilet
Yap, siklus dimulai ketika kita akan memulai aktovotas. Meski telah membersihkan permukaan dudukan toilet 2 minggu sekali atau lebih, penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 295 bakteri yang bisa ditemuka di setiap inci dudukan toilet!

2. Saklar Lampu
Saklar lampu merupakan sesuatu yang paling sering disentuh, baik di rumah ataupun tempat umum ketika ingin mematikan atau menyalakan lampu. Benda tersebut terlihat steril, namun itu adalah salah satu dari benda terkotor yang pernah disentuh banyak orang.

3. Uang
Semua orang suka uang dan mau tak mau pasti semua orang menyentuh dan menggenggamnya. Uang terus berpindah tangan, mulai dari penjaga kasir hingga pedagang di pinggir jalan. Tidak ada yang tahu dari manakah uang yang kita pegang itu berasal sebelumnya. Sebuah studi di Amerika menunjukkan bahwa terdapat 135.000 bakteri yang ada dalam 1 lembar uang.

4. Keyboard Komputer
Zaman sekarang, tak ada orang yang tidak menyentuh komputer. Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu di depa  komputer. Parahnya, terkadang kita lupa membersihkan bakteri dan kotoran di keyboard komputer setelah menggunakannya. Beberapa studi bahkan mengklaim bahwa kotornya keyboard sama dengan kandungan bakteri di dudukan toilet!

5. Wastafel Dapur
Kebanyakan wanita sulit untuk tidak menghabiskan waktu di wastafel dapur, baik itu mencuci piring atau sayuran. Bayangkan saja, sisa makanan, seperti daging, sayuran, dan lainnya tertampung di situ. Alhasil, bakteri pun mulai bermunculan. Untuk itulah sangat penting membersihkannya setiap hari.

Baca juga: Pemakaian Masker dengan Katup Tidak Dianjurkan, Ini Bahayanya

6. Sponge Cuci Piring
Sponge cuci piring hampir selalu dalam keadaan basah setiap waktunya. Dan kotoran sisa-sisa makanan yang telah dibersihkan kebanyakan menyangkut di sela-sela sponge dan susah dibersihkan. Bayangkan seberapa banyaknya bakteri yang muncul. Coba panaskan sponge di dalam microwave selama 60 detik untuk terhindar dari kuman.

7. Handphone
Yap, di zaman serba maju seperti ini, sangat kecil kemungkinan kita akan meninggalkan handphone di rumah. Hampir setiap hari kita membawa dan bahkan menggenggamnya setiap hari. Studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa handphone adalah musuh baru bagi penggunanya. Karena panas yang dihasilkan dan uap air dari tubuh kita bisa menarik ribuan kuman dan kuman tersebut hinggap di ponsel kita, hiiii!

8. Bak Mandi
Meskipun lantai dan toilet sering dibersihkan, namun terkadang kita sulit untuk mencapai bagian dasar bak mandi sehingga malas untuk membersihkannya. Kuman dan bakteri di bak mandi tidak akan terdeteksi hingga akhirnya salah satu dari anggota keluarga terkena penyakit infeksi saluran kemih.

9. Remote TV
Ketika menonton tv, remote adalah benda yang tidak bisa lepas dari tangan kita. Anggota keluarga kita lainnya secara bergantian juga ikut menyentuh remote tv. Inilah yang akhirnya menyebabkan kuman dan bakteri bisa hinggap, entah dari tangan kita sendiri atau sang adik yang habis menyentuh tanah di luar rumah. Segera masukkan remote tv ke dalam daftar benda yang harus dibersihkan secara rutin.

10.  Troli Belanja
Troli belanja di supermarket disentuh oleh tangan yang berbeda-beda setiap harinya. Dari keringat-keringat di tangan orang yang menyentuh troli tersebut tentu saja bisa menimbulkan ribuan bakteri atau kuman, hiii.

(ctr/mag for woman)

Komentar
  • HOT !
    Lemon yang terasa asam banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. Namun pernahkah anda mengetahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi air dari lemon justru dapat menimbulkan beberapa masalah lho, Dreamers....
  • HOT !
    Setelah pada November 2019 lalu WhatsApp telah merilis fitur katalog untuk membatu pengguna akun bisnis, di mana fitur tersebut hanya sebatas menampilkan etalase produk yang dijual tanpa transaksi. Kini, WhatsApp telah menyempurnakan fitur katalog tersebut dengan merilis fitur belanja....
  • HOT !
    Kimchi merupakan makanan tradisional makanan yang wajib ada di rumah setiap warga Korea. Namun, masyarakat Korea Selatan kini mengalami krisis kimchi akibat cuaca ekstrim yang menyapu bersih ladang kubis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : omovey
Cast : Lee Jonghyun, Nindy, Rania (all fictive)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)