home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Mengapa Harus Menjauhkan Handphone Saat Tidur

Senin, 30 September 2013 20:19 by mayaindrn | 21799 hits
Inilah Alasan Mengapa Harus Menjauhkan Handphone Saat Tidur
blogspot.com

DREAMERSRADIO.COM - Salah satu dampak dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat, membuat seseoorang mengalami ketergantungan terhadap handphone. Beberapa orang tak bisa terpisahkan dengan handphonenya dan bahkan sering membawa benda ini hingga menjelang tidur. Kebiasaan ini digolongkan sebagai kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Bila kamu mempunyai kebiasaan memegang handphone sebelum tidur dan meletakkannya didekatmu hingga pagi sebaiknya mulai dari sekarang hindari kebiasaan tersebut. Seperti dilansir dari Genius Beauty, para peneliti dari Wayne State University di Detroit dan Institut Karolinska di Swedia melakukan studi mengenai ponsel dan dampaknya terhadap kesehatan manusia.

Para peneliti tersebut menyatakan bahwa menggunakan ponsel sebelum tidur kemudian meletakkannya di dekat tubuh dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, kelelahan di pagi hari dan juga mengganggu kualitas tidur nyenyak yang  bisa berujung pada stress.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Penelitian ini dilakukan terhadap 35 orang pria dan 36 wanita yang berusia 18-45 tahun dan mengukur tingkat paparan radiasi yang diterima sebelum tidur. Kemudian pria dan wanita ini dipisahkan kedalam 2 kelompok. Kelompok pertama menerima radiasi setara dengan radiasi ponsel. Dan lainnya diberikan sinar radiasi palsu. Mereka yang terkena sinar radiasi ponsel menghabiskan waktu tidur nyenyak lebih sedikit dibanding yang tidak.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para ahli tersebut menyatakan bahwa penggunaan ponsel sebelum tidur mengganggu tidur akibat dari radiasi ponsel. Hal ini karena penggunaan ponsel berhubungan dengan perubahan pada bagian otak serta menekan produksi melatonin yang bertugas membuat rasa nyaman dan mengendalikan sistem stress pada otak.

Tak hanya mengurangi waktu tidur nyenyak, radiasi dari penggunaan handphone sebelum tidur juga dapat menyebabkan insomnia, sakit kepala, agresivitas dan perasaan bingung.  Nah, itulah sebabnya mengapa dianjurkan untuk menjauhkan handphone saat tidur atau mematikannya sebelum tidur Dreamers. Agar kamu terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut. (mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)