home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengapa Berbuka Puasa Harus dengan Makanan Manis?

Senin, 22 Juli 2013 11:15 by mayaindrn | 14260 hits
Mengapa Berbuka Puasa Harus dengan Makanan Manis?
sayangijantungmu.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat waktu maghrib tiba diwajibkan untuk segera membatalkan puasa. Karena tidak baik untuk menunda-nunda waktu berbuka. Untuk membatalkan puasa selalu dianjurkan dengan memakan atau minum sesuatu yang manis. Mengapa harus demikian dan apa alasannya?

Seperti dikutip dari viva.co.id saat sedang berpuasa secara otomatis sistem metabolisme tubuh akan melambat. Asupan nutrisi yang tersimpan saat sahur banyak menghilang setelah seharian beraktivitas. Karena tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam, energi yang tersimpan pun ikut berkurang. Maka dari itu asupan makanan atau minuman manis sangat penting saat berbuka puasa.

Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga makanan manis berperan dalam mengembalikan energi dan stamina tubuh yang telah hilang dengan cepat pula. Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh kembali normal.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Sebaiknya makanan manis yang dikonsumsi adalah makanan dengan pemanis alami. Makanan atau minuman manis yang dianjurkan untuk berbuka puasa seperti korma atau makanan dan minuman yang tebuat dari gula alami. Bisa juga mengkonsumsi buah-buahan manis yang mengandung banyak air. Buah-buahan juga dapat mengembalikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka. Karena tujuannya untuk mengembalikan energi, konsumsilah makanan manis secukupnya. Jangan sampai terlalu kenyang dan berlebihan. Karena hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan dan bisa memicu kegemukan. Nah, Dreamers itulah alasan agar kita selalu menyegerakan berbuka puasa dan mengkonsumsi makanan manis saat berbuka.

(mya)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)