home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Pegang Smartphone Selama #DiRumahAja, Awas Bisa Sebabkan Masalah Kulit Ini

Senin, 13 April 2020 11:00 by fzhchyn | 617 hits
Sering Pegang Smartphone Selama #DiRumahAja, Awas Bisa Sebabkan Masalah Kulit Ini
Image source: Samsung

DREAMERS.ID - Tak bisa dipungkiri bahwa selama masa social distancing ini orang lebih sering menggunakan gadget mereka. Khususnya smartphone yang banyak dimanfaatkan untuk berkomunikasi, bermain media sosial, hingga bekerja. Namun karena sifatnya yang langsung bersentuhan dengan kulit, baik tangan maupun wajah membuat smartphone berisiko menyebabkan masalah kulit.

Disamping kebersihan ponsel itu sendiri, ada hal lain tak terlihat yang menyebabkan masalah kulit yaitu wireless. Wireless dan radiasi yang dikeluarkan benda elektronik termasuk ponsel dapat berakibat buruk bagi kesehatan kulit. Dikutip Fox News, berikut adalah masalah kulit yang bisa ditimbulkan karena ponsel.

1. Kerutan

Terus-terusan menatap layar ponsel bisa berakibat buruk lebih dari yang diketahui. Menjaga pandangan ke bawah dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan techneck, yaitu keriput di bawah dagu dan sekitar leher. Menyipitkan mata saat menatap layar ponsel juga bisa mengakibatkan keriput di sekitar mata.

2. Alergi kulit

Jika mendapati kulit memerah, bisa jadi ponsel adalah pelakunya. Sebuah studi baru-baru ini membuktikan bahwa kandungan nikel dan kromium dalam casing ponsel dapat menyebabkan reaksi pada kulit yang disebut dermatitis kontak alergi.

Baca juga: Bukan Lagi Lip Balm, Beralih ke Lip Mask Agar Bibir Terawat Anti Pecah-pecah

3. Jerawat

Tahukah kamu kalau ponsel memiliki bakteri lebih banyak dibandingkan pegangan toilet? Bayangkan bagaimana makeup dan keringat yang menempel di ponsel setelah berlama-lama menelepon tanpa menggunakan perangkat handsfree. Kotoran yang menempel dan penumpuk di layar ponsel itu akan menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

4. Lingkar hitam pada mata

Lampu LED dari ponsel dapat mempengaruhi cara tidur seseorang. Cahaya biru yang keluar dari komputer, ponsel, dan layar tablet dapat mengacaukan ritme tidur internal sehingga membuat sulit tidur dan hasilnya adalah lingkar hitam pada mata.

5. Bintik hitam

Lagi, masalah menggunakan ponsel untuk menelpon tanpa perangkat handsfree dapat membuat ponsel panas dan berbahaya bagi kulit. Panas berlebih pada ponsel dapat mengacaukan produksi melanin yang menyebabkan bintik-bintik hitam dan bentuk serta warnanya bisa berubah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)