home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Bahayanya Jika Menyimpan Produk Skincare di Suhu Panas

Senin, 19 November 2018 16:37 by fzhchyn | 2396 hits
Ini Bahayanya Jika Menyimpan Produk Skincare di Suhu Panas
Image source: Business Insider

DREAMERS.ID - Saat memutuskan untuk membeli produk perawatan kecantikan dan kulit alias skincare, kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar agar kualitas tidak rusak dan bisa bertahan lama. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara penyimpanannya.

Namun bagaimana jika kita secara tak sengaja menyimpan produk skincare kesayangan di suhu panas misalnya dengan cahaya matahari langsung? Jangan sampai hal tersebut terjadi karena menyimpan skincare pada suhu yang relatif panas bisa menyebabkan hal-hal buruk ini lho!

1. Skincare tak lagi bersifat stabil di suhu panas

Biasanya skincare memang memiliki batas suhu maksimum, sehingga ketika kamu menyimpan dalam suhu yang panas melebihi batas maksimum biasanya produk akan bersifat tak stabil. Karena seperti yang kita tahu bahwa skincare terbuat dari bahan-bahan kimia dan beberapa zat kimia tak tahan suhu panas sehingga akan cenderung bersifat tak stabil.

2. Ada beberapa senyawa yang rusak dan tak tahan dalam suhu panas

Tak hanya bersifat tak stabil, skincare yang dibiarkan dalam suhu yang panas mungkin saja beberapa zatnya malah rusak. Misalnya saja skincare yang mengandung protein ketika dibiarkan dalam suhu panas kandungan proteinnya akan rusak atau terdenaturasi karena protein umumnya tak tahan pada suhu tinggi.

Baca juga: Bukan Lagi Lip Balm, Beralih ke Lip Mask Agar Bibir Terawat Anti Pecah-pecah

3. Biasanya produk menjadi kurang efektif

Tentu saja skincare yang dibiarkan dalam suhu panas umumnya akan menjadi kurang efektif. Entah dari segi sifat maupun kelayakan, skincare ini akan kurang efektif dibandingkan dengan skincare yang disimpan dalam suhu kamar atau sejuk. Karena ketidakstabilan zat-zat yang ada dalam skincare tersebut, maka efektivitasnya pun akan menurun pula.

4. Ada zat yang terdegradasi didalamnya

Mungkin bukan hanya ada beberapa senyawa yang rusak, efek buruk yang lain adalah senyawa yang ada dalam skincare-mu akan ikut terdegradasi menjadi bentuk yang lain. Sehingga ketika berubah menjadi bentuk lain, mungkin saja sifatnya menjadi berubah, boleh jadi tak berfungsi apa-apa dan boleh jadi malah bersifat racun untuk kulitmu. Kalau begini kan akan membahayakan dirimu sendiri?

5. Percuma dipakai

Terakhir, skincare yang dipanaskan baik secara sengaja maupun tak sengaja akan membuat skincare sia-sia saja digunakan. Bila pada poin sebelumnya disebutkan skincare menjadi kurang efektif, kemungkinan lainnya skincare justru akan percuma saja kamu gunakan kembali karena semua kandungan senyawanya bisa saja rusak atau terdegradasi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki bulan Desember pastinya identik dengan suasana Natal, dan menjadi momen yang paling dinantikan untuk umat kristiani. Di Korea Selatan sendiri telah memasuki musim dingin, masyarakat bahkan idol K Pop kerap tampil dengan outfit musim dingin yang menawan dengan warna warna ikonik....
  • HOT !
    Korea Selatan dikenal dengan kuil gunung dan biara bergengsi yang disebut Sansa. Dahulu masyarakat Korea percaya bahwa gunung mewujudkan energi suci yang mengatur negara, dan mengarah pada pembangunan kuil serta pagoda untuk berdoa bagi kemakmuran negara....
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)