home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya di Balik Praktisnya Tisu Pembersih Wajah

Minggu, 24 September 2017 19:00 by fzhchyn | 2256 hits
Bahaya di Balik Praktisnya Tisu Pembersih Wajah
Image source: Light Therapy Device

DREAMERS.ID - Membersihkan makeup dengan kapas dan cairan pembersih agaknya memang merepotkan, karena itulah banyak perusahaan kosmetik yang memproduksi produk baru yang lebih menghemat waktu dan praktis saat digunakan, seperti tisu pembersih wajah yang terinspirasi dari tisu bayi.

Beauty item yang satu ini adalah tisu basah yang disimpan dalam kemasan kedap udara yang mencegahnya cepat mengering. Tisu ini sangat berguna saat tidak ada akses ke air, atau kehabisan cairan pembersih wajah untuk menghilangkan makeup dan segera membersihkan wajah dari kotoran. Selain itu, produk ini juga memiliki khasiat disinfektan.

Tisu basah mungkin sangat berguna bagi wisatawan yang sering bepergian atau malas. Namun, tisu pembersih wajah juga memiliki kerugian. Berikut beberapa efek negatif dari tisu pembersih wajah, seperti yang dilansir dari laman Boldsky.

1. Banyak mengandung bahan kimia

Tisu pembersih wajah mengandung bahan kimia yang membuatnya tetap lembap dan mengandung sejumlah besar bahan pengawet yang mudah mengiritasi kulit sensitif. Sebagian besar merek menggunakan alkohol untuk mencegah bakteri, yang pada gilirannya sangat mengeringkan kulit. Tisu ini mengandung surfaktan untuk melarutkan makeup dan kotoran. Sering menggunakannya bisa menyebabkan ruam dan kemerahan.

2. Tidak membersihkan secara efektif

Beberapa orang mungkin tidak suka menggunakan tisu wajah karena tidak memberikan perasaan bersih yang menyeluruh. Mungkin tidak masalah jika kamu sama sekali tidak memiliki akses terhadap air, tapi jika terus menggunakan tisu wajah mungkin tidak efektif dalam membersihkan wajah. Sejumlah makeup atau kotoran masih tertinggal setelah menggunakannya. Terus menggunakan tisu wajah, tanpa membersihkannya lagi dengan air, akan membuat kulit sedikit terasa lengket.

Baca juga: Bukan Lagi Lip Balm, Beralih ke Lip Mask Agar Bibir Terawat Anti Pecah-pecah

3. Tidak ramah lingkungan

Tisu wajah adalah produk sekali pakai, tapi harganya jauh dari itu. Tisu basah juga non-biodegradable dan menyebabkan pencemaran lingkungan, mirip dengan plastik. Banyak juga orang merasa nyaman untuk hanya menyiramnya ke saluran pembuangan setelah menggunakan, sehingga menyebabkan saluran air tersumbat.

4. Membuat sekitar mata iritasi

Jika kamu terbiasa menghilangkan makeup mata dengan menggunakan tisu ini, pikirkan lagi. Kulit di sekitar area ini 10 kali lebih tipis dan sensitif dibanding bagian wajah lainnya. Menggosok area mata secara keras menggunakan tisu pembersih wajah bisa menyebabkan kulit tertarik. Hal ini dapat menyebabkan garis-garis halus dan keriput, serta iritasi.

5. Menyebabkan masalah kulit

Kandungan alkohol yang tinggi dalam tisu ini, membuat kulit jadi kering. Hal ini bisa menyebabkan tanda awal penuaan muncul. Bahan pembersih kimia yang digunakan di dalamnya bisa menumpuk jika tidak ditindaklanjuti dengan pembersihan yang benar dengan air. Hal ini dapat menyebabkan komedo.  Jika kamu menggunakan tisu ini untuk menyingkirkan minyak berlebih pada kulit, mereka hanya akan membuat minyak bertambah, bukan membersihkannya.

(fzh/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Seorang pria berusia 55 tahun di Jawa Tengah diumumkan sebagai suspek pertama cacar monyet di Indonesia. Wabah cacar monyet atau monkeypox telah ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat kesehatan global....
  • HOT !
    Penyanyi Raisa Andriana memberikan kabar berbeda kali ini, bersama sahabatnya sejak TK, Titania Fairushka, ia meluncurkan brand make up yang tidak hanya sekedar untuk mempercantik diri bagi para wanita....
  • HOT !
    Tidak kalah dari skincare luar, skincare lokal juga terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk produk terbaik. Elsheskin sebagai salah satu produk skincare lokal yang dikenal sebagai pionir serum wajah, meluncurkan teknologi SkinssentialTM yang memperkuat efikasi dari seluruh produknya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)