home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Penyebab Kulit Kering dan Cara Tepat Mengatasinya

Jumat, 26 Mei 2017 10:20 by fzhchyn | 2674 hits
Berbagai Penyebab Kulit Kering dan Cara Tepat Mengatasinya
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Menjadi lapisan terluar tubuh, seseorang harus tahu pentingnya menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat. Karena kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai elemen jahat, seperti paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai masalah.

Salah satu kondisi kulit yang kurang sehat adalah kulit kering. Penyebab kulit kering beragam dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. Melansir WebMD, berikut adalah beberapa penyebab kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Udara dingin

Meski di Indonesia tidak mengenal musim dingin yang suhunya benar-benar rendah, tapi udara dingin seperti dari AC juga bisa menyebabkan kulit kering. Solusinya gunakan pelembab yang bisa melindungi bagian-bagian sensitif seperti bibir, wajah, dan tangan.

2. Mandi uap

Mandi uap memang dapat membuat tubuh lebih tenang, tapi tidak bagi kulit. Uap panas ini dapat mengeringkan minyak alami yang diproduksi tubuh lebih cepat sehingga membuat kulit kering. Agar tetap bisa menikmati mandi uap tapi tidak membuat kulit kering, sebaiknya atur suhu agar tidak terlalu panas, hangat-hangat kuku saja. Atau mengurangi durasinya. Jangan terlalu lama mandi uap, cukup lima menit saja.

Baca juga: Peneliti Asal Perancis Temukan Benang Operasi yang Terbuat Dari Kulit Manusia

3. Sabun

Hati-hati dalam memilih produk sabun yang digunakan. Tidak semua sabun dapat melembabkan kulit, banyak juga yang justru membuat kulit menjadi kering. Pilih sabun yang bebas fragrance atau wewangian dan yang melembabkan serta membersihkan.

4. Menggosok

Masih punya kebiasaan mandi dengan menggosokkan sponge mandi? Sebaiknya kebiasaan ini mulai dihilangkan karena gesekan pada kulit ini akan meningkatkan kekeringan, kata Nanette Silverberg, MD, seorang profesor dermatologi di Columbia University. Jadi sebaiknya gunakan tangan saja untuk menggosok kulit saat mandi.

5. Penuaan

Selain faktor eksternal, penyebab kulit kering juga bisa muncul seiring bertambahnya usia. Masalah alami yang membuat kulit kering ini bisa dimimalisir dengan penggunaan face and body cream yang tepat setiap pagi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi oleh kebanyakan orang baik wanita maupun pria, dan dianggap mengganggu penampilan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi jerawat yang membandel....
  • HOT !
    Busan akan disulap menjadi “kota ungu” pada bulan Oktober, yang melambangkan BTS! Baru baru ini, HYBE mengumumkan melalui komunitas penggemar global Weverse bahwa mereka akan mengadakan ‘BTS THE CITY in BUSAN’....
  • HOT !
    DK iKON bekerja sama dengan brand ULKIN sebagai desainer untuk memamerkan koleksi outfit buatannya di New York Fashion Week. Ini juga menjadi momen debut DK sebagai model runway di ajang fashion bergengsi dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LatifahNL999
Cast : YG FAMILY

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)