home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dari Debu Hingga Air, Simak Tips Singkat Untuk Bersihkan Keyboard Yang Kotor

Selasa, 16 Agustus 2016 17:00 by andry19 | 1753 hits
Dari Debu Hingga Air, Simak Tips Singkat Untuk Bersihkan Keyboard Yang Kotor
Source : tekno.liputan6.c

DREAMERS.ID - Cukup menyebalkan bila keyboard komputer atau laptop yang kamu gunakan sehari – hari, tiba – tiba tidak dapat digunakan. Apalagi saat itu kamu sedang mengerjakan tugas kuliah atau menyelesaikan yang hampir tenggat waktu (deadline).

Sebagai salah satu perangkat terpenting, terkadang keyboard yang kamu gunakan tak berfungsi secara maksimal karena kotoran dan debu yang menempel. Perlu diingat, sebelum membersihkan keyboard kamu, harap mencabut kabel keyboard yang terpasang ke komputer atau laptop kamu.

Kalau keyboard kamu dirasa kurang berfungsi maksimal karena kotoran, sebaiknya kamu ikuti langkah mudah ini :

1. Debu

Salah satu masalah umum yang ‘menyerang’ keyboard adalah debu. Cara cepat dan mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sebuah sikat atau sikat gigi yang lembut. Untuk keyboard di laptop, sebaiknya kamu menggunakan vacuum cleaner berukuran kecil agar tidak merusak komponen laptop yang ada. Untuk mengatasi debu yang membandel, gunakan sikat yang lebih keras.

2. Kuman

Karena digunakan sehari – hari, wajar bila keyboard kamu menjadi “ladang” berkembang biak berbagai macam kuman. Untuk hal ini, kamu sebaiknya menghindari produk desinfektan yang mengandung elemen etil dan lebih baik menggunakan alcohol yang mengandung isopropil.

Kenapa lebih baik isopropil? karena kandungan kimia elemen etil akan mengikis huruf – huruf di  keyboard kamu. Batas aman alkohol yang dapat kamu gunakan adalah 6o persen atau lebih.

Baca juga: Sebuah Bangunan 5 Lantai di Shanghai Dapat “Berjalan” Sendiri?

Gunakan cotton bud atau kain yang sudah kamu basahi dengan larutan pembersih. Gosok permukaan tombol keyboard secara merata untuk bagian atas keyboard, dan cotton bud untuk sisi – sisinya.

3. Tumpahan Air

Adakah hal yang lebih buruk daripada tombol keyboard yang lengket? Menumpahkan kopi atau soda keatas keyboard adalah hal terburuk yang mungkin terjadi .Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencabut keyboard dari komputer. Meskipun banyak yang membersihkan keyboard pada saat keadaan basah, sebaiknya kamu mengeringkannya terlebih dahulu.

Setelah kering, copot tombol satu per satu. Hal ini dilakukan agar tombol keyboard dapat dibersihkan dengan baik dan lebih mudah saat akan dipasang kembali. Bagaimana cara melepas tombolnya? Untuk keyboard komputer, kamu bisa menggunakan pisau atau obeng pipih untuk melepas tombol dari sisinya dan jangan terlalu banyak menggunakan tenaga.

Untuk keyboard laptop, cukup menggunakan kuku jari untuk melepasnya namun berhati – hatilah saat melepas tombol tersebut karena mekanisme tombol rentan patah.

Setelah dilepas, kamu bisa menggunakan kain basah terlebih dahulu untuk mengeringkan bagian – bagian yang basah. Setelah kering baru kamu bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan dasar keyboard.

Untuk membersihkan tombol keyboard, kamu bisa merendamnya di air hangat. Jangan lupa untuk mengeringkan tombol tersebut sebelum kamu memasangnya kembali. 

Komentar
  • HOT !
    Warga negara Indonesia yang gemar berpergian ke luar negeri kini tidak perlu khawatir mengenai paspor. Masa berlaku paspor diperpanjang oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dari yang semula lima tahun menjadi 10 tahun....
  • HOT !
    Bakuchiol menjadi salah satu kandungan skincare yang belakangan menjadi tren karena disebut sebagai pengganti retinol yang lebih aman untuk kulit wajah. Tidak hanya itu, bakuchiol juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah mata panda....
  • HOT !
    Penampilan para bintang ‘Squid Game’ di red carpet Emmy Awards 2022 beberapa waktu yang lalu menarik perhatian banyak pasang mata, terutama Jung Ho Yeon yang secara khusus mengenakan busana dengan aksen tradisional Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)