home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nggak Boleh Skip, Ini Alasan Penting Harus Tetap Pakai Sunscreen di Rumah

Senin, 06 September 2021 13:15 by rizaluthfiah | 660 hits
Nggak Boleh Skip, Ini Alasan Penting Harus Tetap Pakai Sunscreen di Rumah
Image Source: @solarkeem

DREAMERS.ID - Di saat pandemi seperti ini, melakukan aktifitas di luar sekarang sudah mulai dibatasi untuk mencegah Covid-19. Walau kamu di dalam rumah saja, tetap perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit.

Seperti yang diketahui, paparan radiasi ultraviolet dari matahari tidak melulu secara langsung, melainkan juga pantulan yang masuk ke dalam rumah. Hal itu dapat menyebabkan penuaan dini, sunburn, bahkan yang paling bahaya adalah risiko kanker kulit.

Sehingga penggunaan sunscreen sangat disarankan dalam keseharian, terutama saat sedang berjemur di rumah. Dilansir dari Wolipop, dr. Farrah Erman dalam webinar yang diadakan Regenesis Open Education (ROE) menyampaikan bahwa ada efek photoaging.

Itu merupakan salah satu akibat dari photodamaged yang memunculkan beberapa tanda pada kulit. "Photoaging atau tanda penuaan akibat sinar matahari dapat muncul dengan tanda-tanda seperti kulit yang kendur, ada bintik-bintik hitam yang timbul di kulit, adanya kerutan yang muncul di usia muda, dan pembuluh darah halus yang muncul di kulit," jelas dr. Farrah Erman.

Untuk mencegah photoaging dapat dilakukan dengan penggunaan sunscreen yang rutin. Perlu diketahui, SPF pada sunscreen menandakan proteksi terhadap sinar UVB. Sedangkan, PA merupakan proteksi terhadap sinar UVA.

Baca juga: Sunscreen Sudah Kedaluwarsa, Bolehkah Tetap Dipakai?

Semakin besar nilai SPF pada sunscreen, maka semakin sedikit sinar ultraviolet yang terserap pada kulit, artinya perlindungan lebih baik. Penggunakan sunscreen dengan SPF tinggi juga dapat memaksimalkan penyerapan vitamin D selama berjemur.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Farrah Erman mengungkap alasan kenapa harus pakai sunscreen walaupun di rumah adalah karena paparan visible light dan blue light dari gadget maupun sinar lampu juga berbahaya bagi kulit.

"Yang perlu jadi perhatian khusus juga di masa sekarang, di mana kita menggunakan gadget adalah paparan visible light atau paparan sinar biru dari gadget atau dari sinar lampu," ungkap dr. Farrah Erman.

"Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan. Karena selain ada visible light, kita juga mendapat paparan sinar UV dari luar karena ada yang bisa menembus kaca," sambungnya.

Menurut dr. Farrah Erman, pengaplikasian kembali sunscreen juga penting. Apalagi setelah beraktifitas yang berat dan kulit kita bersentuhan dengan air. Sarannya, aplikasikan kembali sunscreen sekitar 8 jam setelah penggunaan pertama.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)