home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

G-Dragon Disebut Sebagai Pelopor Brand Mewah Gaet Idola K-Pop Jadi Ambassador

Kamis, 06 Mei 2021 13:41 by fzhchyn | 734 hits
G-Dragon Disebut Sebagai Pelopor Brand Mewah Gaet Idola K-Pop Jadi Ambassador
Image source: Dazed

DREAMERS.ID - Selama beberapa tahun terakhir ini, telah terjadi peningkatan dalam jumlah idola K-Pop yang dipilih untuk menjadi brand ambassador untuk banyak merek mewah terkenal, seperti Kai EXO untuk Gucci, Jennie BLACKPINK untuk Chanel, yang terbaru BTS untuk Louis Vuitton, dan banyak lagi.

Namun, apa yang mendorong merek-merek mewah ini memilih idola K-Pop sebagai brand ambassador mereka? Menurut Money Lab, pentolan BIGBANG, G-Dragon, adalah orang yang membuka jalan.

Menurut outlet media tersebut, Chanel menggelar fashion show di Paris, Prancis, pada tahun 2015 silam. Dalam acara tersebut, G-Dragon hadir, yang kemudian menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen dan media karena baru pertama kalinya bintang Asia hadir diundang, apalagi idola K-Pop.

Sejak penampilan G-Dragon di fashion show Chanel, idola K-Pop secara bertahap mulai menjadi perwakilan dan duta besar di industri barang mewah.

Saat itu, istilah "ambassador" hanya berarti bahwa merek tersebut akan meminjam image dan nama selebriti untuk tujuan pemasaran. Namun dalam beberapa tahun terakhir, ambassador mulai mempromosikan produk dan layanan secara lebih efektif dengan memakai produk itu sendiri atau menggunakannya.

Karena semakin banyak idola K-Pop yang menjadi duta untuk merek-merek mewah ini, ada peningkatan penjualan yang nyata pada brand mewah tersebut. Misalnya pada Maret 2020, Kai EXO, yang merupakan duta Gucci, bermitra dengan merek tersebut untuk kolaborasi spesial pada koleksi eksklusif, menjadikannya selebriti Korea pertama yang melakukannya.

Baca juga: G-Dragon Kejutkan Fans dengan Rilis Lagu Baru Hari Ini

Koleksi Kai x Gucci menampilkan knitwear yang dijual seharga 1,77 juta won (sekitar 22,5 juta rupiah), dan hanya kurang dari satu hari peluncurannya, pakaian tersebut, bersama dengan item lainnya dalam koleksi, terjual habis, menunjukkan popularitas yang luar biasa.

BTS, yang menjadi global duta Louis Vuitton pada bulan April, telah membuat brand tersebut kehabisan stok bahkan sebelum menjadi ambassador mereka. Setelah Virgil Abloh, artistik director Louis Vuitton untuk koleksi pria, memposting video wawancara dengan BTS di akun Instagram-nya, T-shirt yang dikenakan Jimin langsung habis di semua negara, menunjukkan kekuatan brand BTS.

Menurut Jeong Do Jin, seorang profesor Administrasi Bisnis di Universitas Chung-Ang, sekarang pengakuan terhadap idola K-Pop telah meluas ke seluruh dunia, pemasaran ambassador telah cocok untuk merek-merek mahal.

Dia menambahkan bahwa pemasaran ambassador tidak cocok untuk produk berbiaya rendah dan diproduksi secara massal. Itulah sebabnya ada kecenderungan merek-merek mewah memilih idola K-Pop yang memiliki nilai yang tidak dapat diraba.

Namun, ada juga kekhawatiran beragam bahwa jenis pemasaran ambassador ini berpotensi mempromosikan konsumsi berlebihan oleh generasi muda yang memiliki keinginan untuk "memamerkan" pembelian mereka atas barang-barang mewah ini.

Tetapi di sisi yang lebih positif, cukup jelas bahwa idola Korea telah mengarahkan penggemar untuk mempelajari bahasa Korea dan budaya Korea, yang menciptakan nilai yang tidak dapat diubah menjadi nilai ekonomi saja.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     DREAMERS.id bersiap untuk menyelenggarakan JPOP VAGANZA 2024 akhir pekan ini! Acara yang disuguhkan untuk komunitas dan pecinta budaya Jepang ini akan berlangsung pada hari Minggu, 17 November di Mangga Dua Square....
  • HOT !
    Airbnb bekerja sama dengan SEVENTEEN untuk memberikan kesempatan istimewa bagi para penggemar merasakan sensasi masuk ke dalam dunia musik mereka. ...
  • HOT !
    Calvin Klein telah mengumumkan NewJeans sebagai Global Ambassador terbarunya. Pada 25 September, merek pakaian Amerika itu memperkenalkan bagian terakhir dari kampanye 24 Fall dengan lima member NewJeans....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)