home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Faktor Luar Dalam yang Bikin Rambut Nggak Gampang Rontok

Kamis, 19 November 2020 06:30 by SartikaF | 1054 hits
Faktor Luar Dalam yang Bikin Rambut Nggak Gampang Rontok
Image Source: Naver

DREAMERS.ID - Rambut adalah mahkota bagi perempuan dan juga banyak pria. Menjaga rambut akan sangat membutuhkan perhatian dan perawatan guna kerontokan, yang bisa mengakibatkan terjadinya kebotakan.

Melansir dari Liputan 6.com, dr. Shella Pratiwi, Dipl. AAAM selaku Aesthetic Specialist mengatakan bahwa ciri rambut sehat adalah kuat, tidak mudah patah, dan rontok karena ternutrisi dengan baik, serta kelembapannya terjaga.

Sheila juga mengatakan, rambut adalah bagian yang membutuhkan nutrisi ekstra yang harus diperhatikan pula faktor eksternal dan non eksternal. Seperti ada tidaknya stress yang sedang dialami, mengikat rambut terlalu kencang, hingga memperhatikan nutrisi melalui makanan.

Kolagen juga menjadi salah satu nutrisi ekstra yang penting bagi rambut. "Kolagen adalah jenis protein yang terdiri dari asam amino yang fungsinya sebagai antioksidan yang dapat menjaga kelembapan dan keelastisitasan rambut," lanjutnya.

Perlu diketahui, kolagen sebenarnya telah ada di dalam tubuh, namun kolagen juga bisa didapatkan melalui makanan atau produk perawatan rambut yang mengandung kolagen.

Lantas seperti apa saja faktor dari rontoknya rambut? Stres, kondisi udara, sinar matagari, polusi, debu, rangsangan mekanik atau kimia seperti penggunaan alat styling yang bisa menjadi penyebab kerontokan.

Faktor internal yang sering dialami seperti stres, tekanan psikososial, kondisi hormonal atau penyakit tertentu, serta asupan nutrisi yang kurang juga akan membuat tubuh mengeluarkan hormon kortisol.

"Hormon kortisol inilah yang akhirnya berperan pada folikel rambut, menyebabkan terjadinya kerontokan. Namun rambut yang rontok bisa tergantikan kembali dengan pertumbuhan rambut baru tapi kondisi stres menghambat proses pertumbuhan rambut yang baru akhirnya rambut berada di fase istirahat yang dinamakan telogen effluvium," ungkap Sheila.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    TikTok merupakan jejaring sosial dan platform video yang paling digemari saat ini. Banyak konten menarik, mulai dari sekedar menari, meme, atau bahkan memberikan trik untuk memecahkan sebuah masalah....
  • HOT !
    Same outfit different feelings alert! Kali ini ada dua selebriti wanita beda genre yang tertangkap kamera mengenakan outfit yang sama pada kesempatan yang berbeda, yakni Jessi dan Nayeon TWICE....
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)