home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Kondisi Kesehatan Tubuh dari 5 Ciri Perubahan Kulit Ini

Selasa, 20 Oktober 2020 17:45 by SartikaF | 1010 hits
Kenali Kondisi Kesehatan Tubuh dari 5 Ciri Perubahan Kulit Ini
Image source: Mybeautyqueens

DREAMERS.ID - Kulit merupakan salah satu organ di tubuh manusia yang terus tumbuh dan mengikuti kondisi kesehatan dari pemiliknya. Terkadang, penyakit tertentu bisa diketahui hanya melihat dari kondisi kulitnya saja.

Dr. Jillian Macdonald, seorang dokter kulit di The Ottawa Clinic mengatakan bahwa kondisi kulit bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang mendasarinya. Melansir dari Best Health via Liputan6, berikut deretan kondisi kulit yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan pada tubuh kalian.

1. Munculnya bulu pada wajah

Wajar bagi pria, namun tidak untuk wanita. Untuk wanita, rambut wajah yang tumbuh secara berlebihan bisa menjadi tanda hormon yang tidak seimbang. Hal ini bisa menjadi tanda dari sindrom ovarium polikistik yang berhubungan dengan gangguan kesuburan.

2. Lingkaran hitam mata panda

Lingkaran berwarna gelap pada bagian bawah mata bisa jadi merupakan kombinasi faktor genetika, usia, atau gaya hidup. Dikutip dari Dr. Macdonald, kulit gelap di bawah mata juga bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi, dehidrasi atau kurang tidur.

3. Kulit kering

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

Jika Anda memiliki kulit yang kering dan pelembap tidak berhasil menghilangkannya, periksakan kesehatan lebih lanjut. Dr. Macdonald mengatakan bahwa kulit kering kronis biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu eksim dan kekeringan umum yang disebabkan oleh cuaca.

Eksim merupakan suatu kondisi peradangan kulit yang kronis dan dapat menyebabkan kulit kering, gatal, meradang dan pecah-pecah.

4. Bintik-bintik kecil

Bintik-bintik kecil tumbuh di wajah perlu diperhatikan juga. Pasalnya, bisa jadi itu bukan bintik biasa melainkan gejala kanker kulit.

5. Bercak Gelap di Wajah

Bercak gelap atau yang juga dikenal sebagai melasma biasanya dikaitkan dengan hormon wanita, utamanya ketika hamil. Walau tidak ada masalah kesehatan parah yang mendasari, tetapi bisa disebabkan oleh lonjakan hormon akibat paparan sinar matahari.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Sering kali kita tahu bahwa mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Meskipun sudah ada banyak peringatan, namun tetap saja masih meremehkan dampak buruk gula pada tubuh....
  • HOT !
    Pesawat masih menjadi transportasi yang digunakan banyak orang untuk melakukan perjalanan di tengah pandemi. Untuk itu, pihak maskapai membenai protokol kesehatan yang sesuai untuk mencegah penularan COVID 19. ...
  • HOT !
    Nama Youtuber Like Jini mungkin sudah ada yang pernah mendengar. Dan belakangan ini, ia menjadi perbincangan hangat karena transformasinya yang sukses menurunkan badan sebanyak 50 kg....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)