home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Asal Pilih, Ini 4 Bahan Aktif yang Direkomendasikan Untuk Kulit Berjerawat

Jumat, 14 Agustus 2020 20:15 by Rie127 | 882 hits
Jangan Asal Pilih, Ini 4 Bahan Aktif yang Direkomendasikan Untuk Kulit Berjerawat
Image Source: Female Daily

DREAMERS.ID - Jerawat masih menjadi masalah kulit yang terkadang sulit untuk diatasi. Bahkan tak jarang jerawat kembali muncul kembali, dan meninggalkan bekas.

Bekas luka yang terbentuk saat jerawat menembus kulit dalam dapat merusak jaringan di bawahnya. Ada beberapa jenis bekas jerawat seperti, bekas luka atrofi (depresi atau ke dalam), bekas luka hipertrofik (bekas luka timbul) dan noda hitam atau perubahan warna pada titik-titik jerawat.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini merupakan bahan aktif yang direkomendasikan yang terdapat dalam produk perawatan kulit, terutama yang memiliki masalah jerawat.

1. Salicylic Acid

Asam salisilat atau salicylic acid merupakan senyawa alami yang sering ditemukan pada produk khusus perawatan kulit berjerawat. Dilansir dari Medical News Todaysalicylic acid membantu membersihkan pori-pori dari kotoran, sel kulit mati, dan kotoran lain penyebab jerawat.

Bahan ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di area tersebut sehingga meminimalkan kemunculan jaringan parut. Namun untuk jenis kulit sensitif, sebaiknya di uji terlebih dahulu pada area kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Hal ini dikarenakan kandungan asamnya dapat mengakibatkan kekeringan atau iritasi.

2. Alpha Hydroxy Acids (AHAs)

Alpha Hydroxy Acids (AHAs) dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat. Komponen ini terdapat pada produk perawatan kulit berjerawat dan berfungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati dan mencegah penyumbatan pori. AHAs juga dapat membuat bekas jerawat tersamarkan.

AHAs sendiri merupakan bahan eksfoliasi yang berfungsi untuk mengikis lapisan kulit bagian luar sehingga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat terutama noda hitam. Eksfoliasi juga akan membuat kulit tampak lebih segar dan halus.

3. Lactic Acid

Lactic acid erat berkaitan dengan bekas luka akibat jerawat. Dilansir dari Healthline, sebuah studi kecil pada tahun 2010 menemukan eksfoliasi dengan lactic acid tiap dua minggu sekali selama tiga bulan dapat memperbaiki tampilan kulit, mengurangi pigmentasi dan menyamarkan bekas jerawat.

4. Retinoid

Retinoid dinilai mampu mempercepat regenerasi sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan perubahan warna kulit dan bekas jerawat. Namun, kamu juga harus selalu menggunakan sunscreen karena retinoid membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Diketahui pada Senin (28/9/2020), kemarin enam anggota tim Persebaya Surabaya dinyatakan positif Covid 19 dengan kondisi tanpa gejala. Jadwal penyelenggaraan Liga 1 juga resmi ditunda oleh PSSI mengingat penyebaran virus corona yang masih aktif....
  • HOT !
    Penyebaran COVID 19 bukan hanya dari cipratan droplet atau udara saja, tetapi penyebaran juga berasal dari permukaan benda benda yang sering disentuh dengan tangan manusia dalam kesehariannya....
  • HOT !
    Celana jeans memang salah satu fashion item yang hampir dipakai semua orang. Celana simple dan nyaman yang dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis atasan membuat tampilan menjadi stylish....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)