home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Menemui Letak Logo Pakaian di Sisi Kiri? Ternyata Ada Alasannya Lho!

Senin, 15 Juni 2020 20:00 by Rie127 | 2495 hits
Sering Menemui Letak Logo Pakaian di Sisi Kiri? Ternyata Ada Alasannya Lho!
Image Source: @NCT_OFFICIAL_JP

DREAMERS.ID - Saat kamu membeli pakaian, biasanya akan terdapat logo dari brand pakaian tersebut. Namun, uniknya hampir setiap perusahaan meletakan logo produk mereka di sisi sebelah kiri. Ternyata, peletakan tersebut bukan hal yang sembarangan lho, Dreamers.

Menurut Penelitian Inggris yang dimuat dalam Research Gate, mengemukakan bahwa manusia lebih banyak memandang logo yang diletakkan di sisi kiri dibandingkan di sisi kanan. Hal ini berlaku untuk banyak hal, termasuk pakaian dan juga logo website.

Studi ini dilakukan kepada 11 bayi laki-laki dan 8 bayi perempuan berusia 6 bulan. Stimulus visual dilakukan termasuk 20 gambar wajah dan ekspresi wajah. Penelitian tersebut menyatakan bahwa bayi yang berusia 6 bulan menunjukkan kecenderungan untuk melihat obyek, wajah seseorang di sebelah kirinya untuk dapat mengingat lebih baik.


Image Source: harperbazaarhk

Mengutip dari Brightside, ketika seseorang mengunjungi situs web, mereka akan sering melihat ke sisi kiri situs web, dibandingkan sisi kanan. Hal ini juga terjadi pada pakaian atau desain-desain lainnya dengan alasan visibilitas dan lebih mudah diingat.

Selain itu terdapat sejarah dan tradisi yang menjadi faktor peletakan sebuah logo di sisi kiri. Hal ini mengakibatkan cara peletakan logo di sisi kiri dikenal banyak orang, yang kemudian diikuti.

Kebiasaan membaca juga menjadi faktor mengapa peletakan logo di sisi kiri. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang membaca dan menulis dimulai dari sisi kiri ke kanan. Namun, berbeda dengan bahasa Arab, Ibrani, Persia yang dibaca dan ditulis dari kanan ke kiri.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Nielsen Norman Group, disimpulkan bahwa pengguna lebih mengingat merek ketika logo ditempatkan di sebelah kiri daripada di sebelah kanan, juga ditemukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata 89 persen untuk merk yang menempatkan logo mereka di sebelah kiri.

Logo Pakaian Kamu Ada di Sebelah Mana, Dreamers?

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)