SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Masuk 5 Besar Negara Penyumbang Kematian Akibat Polusi

Senin, 23 Desember 2019 13:18 by zia92 | 964 hits
Indonesia Masuk 5 Besar Negara Penyumbang Kematian Akibat Polusi
Imaeg source: Arif wahid

DREAMERS.ID - Polusi udara telah menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Dan berdasarkan riset Global Alliance On Health And Pollution (GAHP), Indonesia menjadi negara keempat penyumbang kematian terbesar akibat polusi.

Berdasarkan riset tersebut, ada 232,9 ribu kematian di Indonesia akibat polusi pada 2017. Masih berdasarkan hasil riset, 123,7 ribu orang meninggal akibat polusi udara. Sementara secara global, polusi udara menyumbang 40 persen kematian akibat polusi dengan angka kematian 3,4 juta pada 2017. 

Mengutip dari CNN, hasil data menunjukkan polusi menjadi penyebab kematian akibat lingkungan terbesar di dunia. Pada 2017, polusi menyebabkan kematian 8,3 juta orang. Angka 8,3 juta menandakan 15 persen kematian di seluruh dunia disebabkan oleh polusi. 

India berada di peringkat satu penyumbang kematian terbesar akibat polusi dengan angka 2,3 juta orang. China berada di peringkat kedua dengan angka 1,8 juta. Nigeria berada di peringkat ketiga dengan angka 279 ribu kematian. Diikuti oleh Indonesia (232 ribu), Pakistan (223 ribu), Bangladesh (207 ribu), Amerika Serikat (196 ribu), Rusia (118 ribu), Etiopia (110 ribu), dan Brasil (109 ribu).

Kematian akibat polusi disebabkan paparan udara beracun, polusi air tanah dan kimia secara global. Berdasarkan laporan, polusi bisa dikategorikan menjadi polusi modern dan polusi tradisional. Polusi modern disebabkan oleh in industrialisasi dan urbanisasi, termasuk  polusi udara, polusi tanah dan bahan kimia, dan polusi di tempat kerja. Bentuk-bentuk polusi ini semakin meningkat. 

Sementara itu, polusi tradisional mengacu pada polusi udara dalam ruangan, sebagian besar disebabkan oleh ventilasi dan asap yang buruk dari kompor masak dan pemanas api. Kemudian ada pula polusi air akibat kebersihan yang buruk. Polusi tradisional, berkorelasi erat dengan kemiskinan, membaik ketika ekonomi tumbuh dan standar kehidupan meningkat.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, GoPay sempat menyatakan wacananya untuk memungkinkan pembayaran SPP sekolah melalui aplikasinya. Pada 17 Februari kemarin, Gojek selaku penyedia platform GoPay mengumumkan telah memasukkan layanan pembayaran SPP di aplikasinya....
  • HOT !
    Selalu tampil modis dan sering hadir di acara fashion show, Lisa menjadi salah satu idola K Pop yang tak jauh dari dunia mode. Rapper BLACKPINK ini juga dikenal karena selera fashion nya yang unik. Dan baru baru ini, Lisa dikabarkan bakal punya clothing line nya sendiri!...
  • HOT !
    Ikan diketahui menjadi bahan makanan yang tak hanya lezat, namun juga mengandung banyak nutrisi. Dari sekian banyak jenisnya, ikan Pollock ternyata menjadi salah satu yang diketahui memiliki banyak nutrisi karena rendah merkuri dan mengandung omega 3. Tak perlu khawatir, karena ikan ini termasuk yang mudah untuk diolah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)