home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hari Lipstik Internasional, Yuk Tengok Sejarah Panjang Lipstick Hingga Jadi Tren Mode Masa Kini

Senin, 29 Juli 2019 23:00 by bellaevania | 584 hits
Hari Lipstik Internasional, Yuk Tengok Sejarah Panjang Lipstick Hingga Jadi Tren Mode Masa Kini
Image Source: LANEIGE Singapore

DREAMERS.ID - Setiap tanggal 29 Juli, selalu diperingati sebagai hari lipstick internasional. Siapa sangka, perwarna bibir yang kini telah jadi kebutuhan wanita sehari-hari ini memiliki sejarah panjang.

Rupanya lipstick sudah ada sejak zaman prasejarah. Dahulu, manusia memiliki kebutuhan untuk membedakan diri mereka satu sama lain. Dalam peradaban kuno, tata rias adalah simbol status baik untuk pria dan wanita. Selain estetika, makeup juga berfungsi sebagai pengobatan.

Bangsa pertama yang memakai lipstick adalah bangsa Sumeria yang hidup di Mesopotamia Selatan. Saat itu pewarna bibir dibuat dari buah-buahan, henna, karat tanah liat dan serangga. Lalu, wanita Mesopotamia menumbuk perhiasan untuk menambah warna dan kilau di bibir mereka.

Evolusi pembuatan liptik tebesar terjadi di Mesir Kuno, saat penduduk tak hanya memakai kosmetik untuk estetika saja, tetapi juga untuk melindungi diri dari sengatan matahari dan angin gurun. Awalnya lipstick dibuat dengan kombinasi bahan bahan-bahan yang bisa menybabkan penyakit seperti rumput laut, yodium, dan bromin mannite.

Baca juga: Ini Warna Blush On yang Cocok Bagi Kamu Pemilik Kulit Kuning Langsat

Akhirnya ditemukan cara mengesktrak warna merah dengan bahan yang bersahabat yaitu kumbang dan semut. Cleopatra adalah wanita yang terkenal dengan lipstick warna merah. Namun setelah 1.500 tahun zaman Cleopatra, produk kosmetik terutama lipstick hampir tidak ada.

Hal ini disebabkan kondisi ekonomi yang buruk, terjadinya perang dan kurangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan mode. Tetapi popularitas lipstick kembali bangkit di akhir abad ke-1 hingga awal abad ke-20 ketika terjadi revolusi industri dan kebangkitan film hingga fotografi. Lalu mulai sejak 1920 lipstik berhasil menyebar ke seluruh dunia dan menjadi kiblat mode modern.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Lipstick merupakan salah satu make up yang penting untuk penampilan perempuan yang membuat tampilan wajah lebih sempurna dan menambah kepercayaan diri. Maka dari itu sangat dijaga agar bertahan, namun tampaknya sulit di era new normal karena diharuskan memakai masker....
  • HOT !
    Korea Selatan memberlakukan pembatasan perjalanan internasional akibat penyebaran COVID 19, sehingga banyak orang lokal yang berlibur musim panas di dalam negeri. Salah satu lokasi wisata tujuan yang aman dengan protokol kesehatan ketat adalah kota Daejeon....
  • HOT !
    Sebagian besar masayarakat pasti menganggap bahwa pembungkus yang digunakan untuk membungkus makanan telah teruji dan aman, terutama pembungkus pada makanan cepat saji....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)