SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pertama Kali Di Dunia, Pembuatan Sneakers Menggunakan Limbah Kopi, Gimana Caranya?

Sabtu, 27 Juli 2019 09:00 by Rie127 | 277 hits
Pertama Kali Di Dunia, Pembuatan Sneakers Menggunakan Limbah Kopi, Gimana Caranya?
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Tidak dapat dipungkiri, kopi selalu ada tempat dihati para penikmat kopi. Faktanya setiap harinya ada sekitar 2 miliar cangkir kopi yang diminum. Tentunya hal ini juga berdampak dari banyaknya limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan kopi, terlebih lagi tidak semua kopi akan habis terjual.

Dilansir dari weforum.org, pada Kamis 25 Juli 2019, sekitar sepertiga kopi yang diproduksi akan dibuang begitu saja. Karena hal ini, dua pengusaha yang berbasis di Helsinki, Finlandia, memanfaatkan limbah kopi untuk dibuat menjadi sebuah sneakers.

Son Chu dan Jesse Tran mengaku terobsesi pada sneakers. Di sisi lain, mereka juga memiliki perhatian lebih terhadap lingkungan hidup. Akhirnya, mereka menciptakan sebuah produk ramah lingkungan. Brand sepatu yang dinamai Rens itu terbuat dari limbah biji kopi dan sampah plastik daur ulang.


Image Source: Liputan6

Sekitar 460gram--300gram dari berat sepasang sepatu terbuat dari kopi. Sedangkan sepasang sneakers itu juga menggunakan enam plastik botol daur ulang. Kombinasi kedua material itu menghasilkan bahan yang ringan sekaligus kuat untuk digunakan sebagai alas kaki, sekaligus mengurangi bau pada sepatu.

Baca juga: Ini Manfaat Masker Kubis Bagi Kesehatan Kulit Wajah

Brand Rens juga menyebutkan sepatunya merupakan produk vegan. Konsumennya kini tersebar di 57 negara. Namun, ada keresahan yang dirasakan oleh pendiri. Hal itu berkaitan dengan sumber limbah kopi dan proses produksi sepatu yang hingga kini masih dikerjakan di Tiongkok.

Mereka memiliki ambisi untuk memindahkan pabriknya ke kampung halaman mereka di Vietnam. "Kami hanya ingin membuat sneakers terbaik, sesuatu yang secara teknik terdepan dan berkelanjutan," kata Tran.

"Kami datang ke Finlandia untuk belajar. Tetapi, sangat penting bagi kami bila proses manufaktur itu akhirnya pindah ke negara asal kami - di sana ada pertumbuhan pesat di bidang manufakturing dan investasi dan kami ingin menjadi bagian dari itu."lanjutnya

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Siapa yang tidak mengenal salah satu anime sekaligus manga popular, One Piece. Tahun ini One Piece kembali menghibur para penggemar dalam ‘One Piece Stampede’ yang akan tayang pada bulan September ini....
  • HOT !
    Apple baru saja meluncurkan series terbarunya yaitu iPhone 11, iPhone Max, dan iPhone Promax. Tentunya hal ini mendapat pujian dari penggemar teknologi khususnya Apple, mulai dari desain hingga spesifikasi yang ditawarkan. Namun, ternyata tidak semua orang suka dengan rangkaian terbaru tersebut. Pasalnya fitur yang diberikan yaitu tambahan tiga kamera justru membuat beberapa orang geli, khususnya bagi penderita Trypophobia. Trypophobia sendiri merupakan ketakutan berlebih terhadap lubang kecil, pola lubang berkerumun (clustered holes), kelompok lingkaran dan bulatan bulatan kecil dan teratur seperti yang ada di sarang madu, bunga lotus, atau gelembung busa sabun, karang laut, kacang polong, delima, kelompok mata serangga....
  • HOT !
    Masalah privasi atau kerahasiaan informasi terkadang menjadi hal yang dikhawatirkan pengguna. Banyak platform yang sebenarnya memungkinkan penggunanya untuk menjaga privasi serapat mungkin namun pengguna itu sendiri yang tak mengetahui caranya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)