SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jual Turban sebagai Aksesoris Fashion, Gucci Tuai Kritik

Jumat, 17 Mei 2019 17:16 by bellaevania | 1394 hits
Jual Turban sebagai Aksesoris Fashion, Gucci Tuai Kritik
Image Source: Footwear News

DREAMERS.ID - Merek ternama Gucci baru saja merilis produk turban. Bukan menuai pujian, Gucci malah dihujani kritik dan protes. Gucci dianggap melakukan perampasan budaya.

Gucci meluncurkan turban yang dibanderol dengan harga 790 dollar atau sekitar 11.5 juta rupiah. Turban ini dijual di situs Nordstrom dengan deskripsi produk, "Turban cantik yang akan membuat orang berpaling selagi membuatmu nyaman sekaligus sebagai gaya khas."

Brand asal Italia itu langsung mendapat kritik dari komunitas Sikh. Mereka tak setuju dan menilai merek fashion ternama itu meremehkan keyakinan mereka. "Turban Sikh bukan sekadar aksesori fashion, tapi juga simbol kepercayaan yang suci dari sebuah agama. Kami berharap ada yang bisa lebih banyak dilakukan untuk mengenali kontes kritis ini," tulis kaum Sikh di Twitter.

Dear @gucci, the Sikh Turban is not a hot new accessory for white models but an article of faith for practising Sikhs. Your models have used Turbans as ‘hats’ whereas practising Sikhs tie them neatly fold-by-fold. Using fake Sikhs/Turbans is worse than selling fake Gucci products pic.twitter.com/sOaKgNmgwR

— Harjinder Singh Kukreja (@SinghLions) May 16, 2019

Nordstrom sebagai retail yang memasarkan turban tersebut telah memberikan permintaan maaf dan memastikan tidak akan menjual turban tersebut. Sementara Gucci belum memberikan pernyataan apapun sebagai itikad baik.

Turban Gucci ini sudah menuai kritik sejak pertama kali ditampilkan di Milan Fashion Week pada Februari 2019 silam. Banyak yang merasa kecewa karena Gucci memanfaatkan symbol agama kaum sikh untuk mencari keuntungan.

Sikhism merupakan agama dengan populasi terbesar kelima di dunia. Orang yang menganut Sikhism sendiri disebut Sikh. Ada lebih dari 25 juta Sikh di seluruh dunia. Identitas Sikh dapat dikenali dengan mudah lewat pemakaian turban oleh pria atau wanita. Turban sendiri merupakan symbol pelayanan, kasih sayang, dan kejujuran.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Aksesori Rinaldy A. Yunardi kembali diakui oleh selebriti dunia. Belum lama ini Katy Perry terlihat mengenakan topi baret rancangan Rinaldy dalam acara Ellen DeGeneres Show....
  • HOT !
    Brand fesyen ‘Bstroy’ baru baru ini memperoleh kecaman keras dari netizen setelah mengeluarkan koleksi jaket yang memakai nama nama sekolah lokasi tragedi penembakan brutal....
  • HOT !
    Wisata Halal kini mulai digalakkan di berbagai negara, termasuk Korea Selatan. Tidak hanya gencar dipromosikan di Seoul, tetapi destinasi populer lainnya seperti Pulau Jeju juga tak kalah bersiap. Salah satu kuliner halal yang bisa kalian santap adalah di Daewonga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)