home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Buat Hasil Jepretan Foto Saat Ngabuburit Lebih Tajam dan Terang

Kamis, 09 Mei 2019 17:17 by fzhchyn | 4605 hits
Tips Buat Hasil Jepretan Foto Saat Ngabuburit Lebih Tajam dan Terang
Image source: Oppo

DREAMERS.ID - Saat bulan Ramadhan, kebiasaan hangout bareng teman pasti berubah. Jika kita biasanya sering keluar di siang hari sekedar untuk nongkrong atau makan siang bersama, di bulan puasa ini kebiasaan tersebut berubah menjadi di sore atau malam hari.

Momen ngabuburit atau menunggu buka puasa inilah yang paling sering dimanfaatkan untuk kumpul bareng, yang pastinya perlu diabadikan dalam jepretan foto. Namun kondisi cahaya di sore atau malam hari cenderung kurang dan bisa mempengaruhi hasil foto.

Namun bukan berarti kamu tak bisa mengakalinya. Berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu lakukan saat mengambil foto dengan smartphone di sore atau malam hari agar menghasilkan jepretan yang tetap bagus.

1. Mode Manual

Modus otomatis pada kamera smartphone memungkinkan pengguna mengambil foto dengan cepat sehingga mampu menangkap momen dadakan dalam sekejap. Sayangnya modus otomatis tidak cocok untuk memotret di malam hari. Karena itulah kamu perlu menggunakan mode manual untuk mengatur pengaturan sesuai kondisi sekitar.

2. Konfigurasi

Baca juga: Harga 5 Juta, Apa Saja Keunggulan Oppo Reno5?

Konfigurasi ini bisa dilakukan dalam mode manual. Atur shutter speed yang lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Sementara untuk aperture disesuaikan dengan shutter speed. Selanjutnya adalah ISO yang berfungsi untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan. Singkatnya, ISO redah cocok digunakan pada kondisi terang, sementara ISO tinggi cocok digunakan pada malam hari.

3. Modus Malam

Night Mode merupakan modus yang ada di hampir semua kamera smartphone. Dengan fitur ini, hasil foto akan lebih baik dan terang. Namun untuk memakainya, pastikan gambar yang dipotret tidak bergerak agar tidak blur. Namun yang pasti, setiap ponsel memiliki fitur mode malam yang berbeda serta memiliki hasil yang berbeda pula.

Beberapa smartphone saat ini memang sudah memiliki sensor kamera yang bagus, salah satunya adalah Oppo F11. Perangkat ini memiliki keunggulan kamera utama yang dirancang untuk pemotretan di malam hari, sehingga pengguna tidak perlu pusing melakukan berbagai pengaturan seperti di atas.

Kamera depan Oppo F11 16MP dengan aperture f2.0 yang dibantu oleh teknologi kecerdasan buatan bernama AI Beauty 2.0 yang fungsinya untuk menghasilkan foto selfie yang berkualias, jernih, dan lebih cantik. Sementara kamera belakangnya memiliki lensa 48MP dengan aperture f1.79 serta lensa sekunder 5MP. Dengan sensor lensa sebesar itu, kamera Oppo F11 diklaim bisa menangkap foto lebih detail, terutama saat kondisi cahaya minim alias low light.

Yang juga menarik, Oppo F11 juga memiliki mode bernama Dazzle Colour, yang jika diaktifkan, hasil foto bisa jadi lebih terang ketimbang tanpa mengaktifkan mode ini. Mode lain yang tidak kalah menariknya adalah Ultra Night Mode jika ingin memotret pemandangan malam, hasil jepretan jadi lebih tajam tetapi juga terang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)