SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rentan Memicu Jerawat, Begini Tipsnya Jika Ingin Modis Pakai Syal yang Aman di Kulit

Rabu, 30 Januari 2019 20:00 by zia92 | 792 hits
Rentan Memicu Jerawat, Begini Tipsnya Jika Ingin Modis Pakai Syal yang Aman di Kulit
Image source: Live About

DREAMERS.ID - Scarf atau syal tak hanya menjadi fashion item yang dapat menunjang penampilanmu, tapi kain ini juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari atau menghangatkan tubuh di cuaca yang dingin seperti musim hujan saat ini.

Namun, hati-hati jika kamu mengenakan syal secara rutin, karena ternyata bisa memunculkan jerawat di bagian dada, leher, dagu, hingga pipi. Penyebabnya? Syal yang dipakai tiap hari, tetapi tidak dicuci secara rutin, bisa menjadi timbunan debu, keringat, dan sisa produk perawatan wajah.

Menurut Dr Meryn Patterson, dokter spesialis kulit di Woodford Medical, syal atau scarf seharusnya dicuci seperti layaknya kita mencuci pakaian untuk mencegah timbulnya jerawat. Jerawat terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, keringat, minyak, atau kotoran. Kulit lalu mulai menimbulkan reaksi peradangan pada area tersebut, memicu pembentukan bintik-bintik merah yang bisa berkembang menjadi jerawat.

“Kalau kamu memakai pakaian yang ketat, khususnya kalau pakaian itu sudah dikenakan sebelumnya dan belum dicuci, pakaian itu bisa memerangkap keringat, meningkatkan gesekan, dan akhirnya menimbulkan jerawat,” katanya, mengutip Woman Talk. “Apalagi, kalau baju itu terbuat dari bahan polyester.”

Baca juga: Heboh Sebaran Spanduk LGBT, PSI Laporkan ke Bawaslu

Pakaian dari bahan katun paling baik karena membuat kulit bisa tetap bernapas, dan memungkinkan keringat menguap lebih mudah. “Kalau membalut leher dengan syal yang kotor setiap hari, jelas sekali kenapa Anda mengalami jerawat di leher kan?” tambah Pamela Marshall, Clinical Aesthetician dan Co-Founder Mortar and Milk.

Dr. Patterson juga menyarankan untuk menggunakan sabun muka untuk mencuci leher agar syal tidak menimbulkan jerawat. “Untuk mengatasi masalah tersebut, saya sarankan memakai pembersih muka dengan asam salisilat,” katanya.

Asam salisilat tidak akan membuat kulit terkelupas dan menghilangkan lemak sehatnya, sehingga tidak menciptakan kerusakan dan meningkatkan peradangan. Sebaliknya, bahan kimia ini memperbaiki penghalang kulit dan membersihkannya. Bahan ini juga tidak hanya bisa digunakan pada wajah, tetapi juga di bagian tubuh mana pun di mana terdapat jerawat.

(fzh)

  • HOT !
    Ada orang yang makan banyak tapi memiliki badan yang tetap kurus. Jika kamu termasuk golongan itu, jangan merasa minder karena dianggap ‘cacingan’ atau merasa ada yang salah dalam tubuh, karena menurut sebuah penelitian, kurus memang dipicu oleh faktor genetik....
  • HOT !
    Ajang Mobile World Congress 2019 akan berlangsung di Barcelona mulai 25 Februari mendatang. Banyak vendor smartphone yang bakal memamerkan inovasi terbaru dalam perangkan besutan mereka, termasuk Oppo....
  • HOT !
    Untuk para pencinta Instagram, tahun ini platform berbagi foto dan video tersebut akan menambahkan stiker baru selain yang sudah ada, seperti stiker lokasi dan pertanyaan dalam video Instagram Stories. Menariknya, pengguna bisa sekaligus beramal dengan stiker baru ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : minholicify
Cast : Kim Seungyeon (OC), TVXQ Yunho, TVXQ Changmin, Han Jieun, Yeonwoo, Changsun, Jiyeon, Jiwon

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)