SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Nyaman, Terlalu Lama Pakai Flat Shoes Ternyata Punya Dampak Buruk

Selasa, 22 Januari 2019 16:00 by zia92 | 1610 hits
Meski Nyaman, Terlalu Lama Pakai Flat Shoes Ternyata Punya Dampak Buruk
Image source: The Cheat Sheet

DREAMERS.ID - Banyak perempuan yang lebih memilih mengenakan flat shoes untuk beraktivitas sehari-hari karena simple dan nyaman. Namun di balik fleksibilitasnya, jenis sepatu ini ternyata memiliki efek risiko kesehatan pada kaki.

dr. Langga Sintong, Sp.OT, anggota Sports, Shoulders & Spine Clinic di Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengatakan bahwa penggunaan sepatu flat dalam waktu yang lama dapat memicu risiko nyeri pada kaki karena telapak kaki memiliki anatomi yang tidak rata.

"Sebenarnya kalau sebentar tidak masalah, tapi kalau jangka panjang bikin kaki lelah dan capek. Sebenarnya kaki kita anatominya ada busurnya di bagian belakang Jadi kalau pakai sepatu flat, tidak ergonomis karena bagian yang lebih tinggi tidak disangga sehingga cepat lelah," ujar dia dalam temu media di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Senin (22/1), mengutip Suara.

Ia menambahkan, ketika ingin membeli sepatu, maka pilihlah yang nyaman untuk kaki ketika beraktivitas. Apalagi pabrik sepatu umumnya membuat sepatu dengan ukuran kaki secara umum padahal tiap orang memiliki anatomi kaki yang berbeda-beda.

Baca juga: Gucci Rilis Sepatu Kotor dan Lecet Seharga Rp 12 Juta!

"Kaki orang kan beda-beda, ada yang lebih lebar, ada yang flat, ada yang busurnya tinggi. Kalau kakinya normal ya tidak masalah, tapi kalau ada kelainan harus diperiksakan. Nanti bisa dibikinkan sol yang customize atau sesuai bentuk kaki sehingga lebih nyaman," tambah dia.

Selain jenis sepatu, dr. Langga juga menyoroti pentingnya pemilihan sepatu sesuai dengan ukuran kaki. Ia menyarankan untuk mencoba sepatu dengan menggunakan kaus kaki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

"Harus beli ukuran yang pas, karena kalau longgar otot bekerja lebih keras menjaga kestabilan sehingga lebih lelah. Kalau mau beli sepatu, beli ketika pakai kaos kaki agar tidak beda ukurannya. Karena ketika akan memakai sepatu kan kita pakai kaos kaki juga," tandasnya.

(fzh)

  • HOT !
    Ada orang yang makan banyak tapi memiliki badan yang tetap kurus. Jika kamu termasuk golongan itu, jangan merasa minder karena dianggap ‘cacingan’ atau merasa ada yang salah dalam tubuh, karena menurut sebuah penelitian, kurus memang dipicu oleh faktor genetik....
  • HOT !
    Ajang Mobile World Congress 2019 akan berlangsung di Barcelona mulai 25 Februari mendatang. Banyak vendor smartphone yang bakal memamerkan inovasi terbaru dalam perangkan besutan mereka, termasuk Oppo....
  • HOT !
    Untuk para pencinta Instagram, tahun ini platform berbagi foto dan video tersebut akan menambahkan stiker baru selain yang sudah ada, seperti stiker lokasi dan pertanyaan dalam video Instagram Stories. Menariknya, pengguna bisa sekaligus beramal dengan stiker baru ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : minholicify
Cast : Kim Seungyeon (OC), TVXQ Yunho, TVXQ Changmin, Han Jieun, Yeonwoo, Changsun, Jiyeon, Jiwon

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)