SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Raih Gelar, Ketahui Fakta 5 Juara Jepang Open 2018

Rabu, 19 September 2018 11:55 by mikhael | 1345 hits
Indonesia Raih Gelar, Ketahui Fakta 5 Juara Jepang Open 2018
Image Source: Djarum Badminton

DREAMERS.ID -  Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 telah berakhir Minggu (16/9/2018). Lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final, telah naik podium. Indonesia berhasil meraih satu gelar pada nomor ganda putra lewat pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Di final lainnya, tuan rumah Jepang meraih dua gelar di tunggal putra dan ganda putri. Spanyol meraih satu gelar di tunggal putri dan Tiongkok juga meriah satu gelar di ganda campuran. Lima juara Japan Open 2018 ini ternyata punya cerita menarik. Apa saja?


Imaage Source: BolaSport

Dlansir IDN Times, Koleksi gelar tunggal putra Jepang, Kento Momota kembali bertambah di tahun 2018 ini. Momota berhasil menjadi juara Japan Open 2018 setelah di final mengalahkan pemai Thailand, Khosit Phetpradab 21-14, 21-14 dalam waktu 49 menit.

Ini merupakan gelar kelima Momota di tahun 2018 ini. Sebelumnya, pemain 24 tahun ini menjadi juara di Vietnam International, Indonesia Open, Kejuaraan Asia dan Kejuaraan Dunia. Dan, menariknya, Momota menjadi tunggal putra Jepang pertama yang jadi juara di Japan Open sejak kali pertama digelar pada tahun 1977 silam.

"Saya tidak pernah membayangkan memenangi turnamen ini ketika saya bermain tiga tahun lalu. Saya telah memenangi turnamen impian dengan dukungan dari banyak orang. Saya senang menunjukkan kepada fans di rumah sendiri bahwa saya telah matang," ujar Momota dikutip dari japantimes.co.jp.


Image Source: BBC

Sementara di tunggal putri, pemain Spanyol, Carolina Marin memupuskan harapan tunggal putri Jepang, Nozomi Okuhara untuk bisa juara di negerinya sendiri. Duel antara dua juara dunia (Okuhara juara 2017 dan Marin juara 2018) ini dimenangi Marin melalui rubber game 21-19, 17-21, 21-11 dan menjadi final terlama dari lima final di Japan Open 2018 seperti dikutip dari badmintonplanet.com.

Sukses ini membuat Marin berhasil mempertahankan gelarnya di Japan Open. Tahun lalu, dia juara setelah mengalahkan pemain Tiongkok, He Bingjio. Dan, keberhasilan mempertahankan gelar ini menjadikan Marin (25 tahun), menjadi tunggal putri pertama asal Eropa yang bisa meraih gelar beruntun di Japan Open 2018.


Image Source: Djarum Foundation

Baca juga: Juarai Jepang Open 2018, Berapa Hadiah yang Diterima Duo Minions Marcus-Kevin?

Indonesia berhasil meriah satu gelar lewat ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Ganda putra rangking 1 dunia yang menjadi unggulan 1 ini jadi juara setelah menang dengan cukup mudah atas pasangan juara dunia 2018 asal Tiongkok yang juga unggulan 2, Li Junhui/Liu Yuchen 21-11 21-13 dalam waktu 38 menit.

Marcus/Kevin berhasil mempertahankan gelarnya di Japan Open. Tahun lalu, Duo Minions--julukan Marcus/Kevin juara setelah mengalahkan ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Dengan juara beruntun ini, Marcus/Kevin kini berpeluang menyamai 'rekor' ganda putra legendaris Indonesia, Ricky Subagja/Rexy Mainaky. Ricky/Rexy menjadi satu-satunya ganda putra yang pernah 'hat-trick' alias juara tiga kali beruntun di Japan Open pada 1995, 1996 dan 1997 silam.


Image Source: Liga Olahraga

Di sektor ganda putri, Jepang berhasil meraih gelar lewat pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Unggulan 1 ini menang straigh game 21, 15, 21-12 atas unggulan 3 dari Tiongkok yang juara Asian Games 2018, Chen Qingchen/Jia Yifan dalam waktu 57 menit seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

Kemenangan ini menjadi revans bagi Yuki/Sayaka yang dikalahkan Chen/Jia di semifinal Asian Games 2018. Dan, gelar di ganda putri ini juga mempertegas bahwa Jepang masih menguasai nomor ini. Di Japan Open tahun 2017 lalu, Jepang juag meraih gelar di ganda putri lewat pasangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.


Image Source: IDN Times

Sementara di ganda campuran, "perang saudara" dua ganda Tiongkok dimenangi oleh Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Unggulan 1 ini menang 21-19, 21-8 atas unggulan 2, Wang Yilyu/Huang Dongping dalam waktu 36 menit dan menjadi final tersingkat dari lima final di Japan Open 2018 seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com. 

Gelar di Japan Open menjadi gelar kelima bagi Siwei/Yaqiong di tahun 2018 ini. Sebelumnya, ganda campuran rangking 1 dunia ini juara di Indonesia Masters 2018, Malaysia Open, Kejuaraan Dunia dan Asian Games 2018.

Gelar tersebut juga memperpanjang dominasi Tiongkok di nomor ganda campuran. Dalam tiga tahun berturut-turut, pemain Tiongkok berhasil meraih "hat-trik" juara du Japan Open. Tahun 2017 lalu, Wang Yilyu/Huang Dongping yang juara. Dan tahun 2016, Siwei juara saat masih bermain dengan Chen Qingchen. Bahkan, dalam enam tahun terakhir, Tiongkok bisa juara lima kali. Dua gelar sebelumnay diriah Zhang Nan/Zhao Yunlei tahun 2013 dan 2014.

(mdi)

  • HOT !
    Tidak sedikit selebriti wanita Korea yang melebarkan sayap karirnya ke ranah bisnis, terutama di bidang fashion. Baru baru ini giliran si cantik Han Ye Seul yang meluncurkan lini fashion miliknya sendiri bernama Fondement....
  • HOT !
    Seorang pegawai muda Google diketahui meninggal secara misterius. Ia ditemukan meninggal di kantor raksasa teknologi tersebut di Manhattan, New York. Sementara penyebab kematiannya masih ditelusuri pihak berwajib....
  • HOT !
    Kanker masih menjadi momok menakutkan untuk masyarakat dunia karena menjadi salah satu penyakit yang belum ada obat pastinya untuk menyembuhkan. Upaya kemoterapi bisa dibilang untuk melumpuhkan sel kanker, namun juga mematikan sel pasien yang lain sehingga berdampak pada menurunnya imunitas dan kondisi orang yang terjangkit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)