SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anti Lepek dengan Jalani Deretan Tips Kebiasaan dan Perawatan Rambut Sederhana Ini

Kamis, 23 Agustus 2018 10:04 by evelin04 | 988 hits
Anti Lepek dengan Jalani Deretan Tips Kebiasaan dan Perawatan Rambut Sederhana Ini
Image Source: aura.co.id

DREAMERS.ID - Rambut merupakan 'mahkota' bagi setiap perempuan, sehingga banyak perempuan yang melakukan perawatan untuk rambut mereka demi menghasilkan rambut yang indah dan terlihat sempurna.

Meski begitu, para perempuan juga tidak lepas dari permasalahan rambut berminyak atau lepek. Rambut lepek memang tidak enak dilihat dan membuat tidak nyaman. Ditambah lagi bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala, bau tak sedap, atau bahkan membuat rambut tumbuh tak sempurna.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui dulu penyebab rambut jadi mudah lepek. Dilansir dari Cosmopolitan, ada tujuh kesalahan yang bisa jadi penyebab rambut jadi lepek. 

1. Sering menyentuh rambut

Layaknya wajah, sebaiknya kamu juga tidak seharusnya terlalu sering menyentuh rambut. Jika jerawat timbul ketika wajah sering disentuh, maka kondisi lepek bisa terjadi ketika kamu sering menyentuh rambut. Hal itu bisa terjadi karena jari tangan dapat membawa minyak dari pangkal rambut menuju tengah hingga ujung rambut.

2. Terlalu sering keramas

Keramas memang bisa mengurangi ,minyak pada kulit kepala. Akan tetapi, melakukan keramas terlalu sering juga bukan solusinya. Itu karena keramas dapat mengikis minyak alami pada kulit kepala dan membuat rambut kering. Alhasil, ketika terasa kering, rambut akan mengeluarkan minyak alaminya sehingga membuatnya terlihat lepek.

Jadi, kamu tidak perlu sering-sering keramas. Cukup keramas sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

3. Penggunaan kondisioner

Penggunaan kondisioner bertujuan agar rambut memiliki tekstur lembut setelah keramas. Yang perlu diperhatikan adalah pilihan produk kondisioner. Kondisioner yang terlalu 'berat' atau pekat malah bisa membuat rambut jadi lepek. 

Baca juga: Tuai Pro Kontra hingga Diragukan MUI, Opick Buktikan Keaslian Rambut Nabi Muhammad yang Disimpannya

Selain itu, perhatikan pula cara penggunaannya. Gunakan kondisioner hanya di bagian tengah hingga ujung rambut, bukan pada kulit kepala atau pangkal rambut. Setelah digunakan, bilas kondisioner hingga bersih untuk menghindari rambut lepek dan berketombe akibat sisa kondisioner.

4. Penggunaan sisir

Penggunaan sisir juga bisa mengakibatkan rambut jadi lepek. Terlalu sering menyisir rambut dapat menstimulasi produksi minyak. Awalnya rambut terlihat 'glossy' ketika disisir. Namun, bukannya tampak indah, perlahan rambut malah terlihat basah dan lepek.

Jika kamu sulit untuk mengendalikan hasrat untuk merapikan rambut dengan sisir, kamu bisa sisir rambut kamu mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut.

5. Sisir kotor

Tanpa disadari sisir rambut juga jadi tempat berlabuhnya kotoran serta sisa produk perawatan rambut. Rambut dalam kondisi bersih pun dapat kotor seketika saat sisir yang digunakan belum dibersihkan. Sebaiknya bersihkan sisir atau sikat rambut secara teratur agar rambut kamu terhindar dari lepek akibat sisir yang kotor.

6. Salah pilih produk perawatan rambut

Hal mendasar yang patut diperhatikan sebelum memilih produk perawatan adalah mengenali tipe rambut. Jika kamu memiliki tipe rambut berminyak, maka hindari produk yang menjanjikan rambut bersinar dan lembab. Tipe produk ini lebih cocok untuk rambut kering dan kusam. 

7. Rambut kurang detoksifikasi

Sering menggunakan produk penataan rambut dapat meninggalkan kotoran pada kulit kepala dan rambut. Apalagi persoalan rambut berminyak kini seolah terjawab oleh kehadiran dry shampoo alias sampo kering. Alhasil rambut memerlukan detoksifikasi. 

Cobalah gunakan produk sampo yang dikhususkan untuk membersihkan rambut secara menyeluruh dari sisa produk penataan rambut. Kamu bisa menggunakan sampo berlabel 'clarifying' sebanyak 2-4 kali dalam sebulan.

(evln)

  • HOT !
    Pembatalan perjalanan saat memesan transportasi online memang terkadang dapat merugikan si driver atau mitra pengemudi. Untuk mengurangi hal tersebut, Grab pun menerapkan sistem baru yakni berupa denda bagi pelanggan yang membatalkan perjalanan per 17 Juni 2019....
  • HOT !
    Dua aktris cantik Korea, Bae Suzy dan Park Min Young kedapatan memakai dress yang sama dalam kesempatan yang berbeda. Keduanya tentu sama sama terlihat stunning mengenakan dress berwarna mint dari brand fashion Johnny Hates Jazz....
  • HOT !
    Harry Styles ternyata punya selera mode yang unik. Penyanyi jebolan One Drection ini beberapa kali tertangkap kamera menghadiri acara resmi dengan gaya yang mungkin tak pernah dibayangkan kebanyakan orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)