home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Penggunaan Tabir Surya Dilarang Karena Bisa Merusak Perairan Laut?

Selasa, 26 Juni 2018 17:05 by Rie127 | 2629 hits
Duh, Penggunaan Tabir Surya Dilarang Karena Bisa Merusak Perairan Laut?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Siapa yang tidak tahu soal tempat wisata yang memiliki keindahan alam bawah laut yang sudah terkenal hingga kepenjuru dunia, Hawaii? Namun tahukah kamu jika Hawaii baru saja mengeluarkan peraturan mengenai pelanggaran penggunaan tabir surya yang diketahui memiliki kandungan yang dapat merusak terumbu karang. 

Salah satu kandungan yang ditemukan adalah kandungan bernama Oxybenzone dan Octinoxate. Kandungan tersebut diketahui sebagai kandungan yang menjadi penyebab utama yang dapat merusak kelangsungan terumbu karang.

Beberapa merek tabir surya terkenal yang memakai kandungan ini diantaranya adalah Hawaiian Tropic dan Banana Boat. Menurut penelitian diperkirakan sekitar 14.000 ton lotion tabir surya tertinggal di terumbu karang yang ada di seluruh dunia.

Kandungan Oxybenzone dan Octinoxate yang larut dalam air laut diketahui dapat mengurangi ketahanan karang dalam menghadapi perubahan iklim dan menghambat pertumbuhan karang baru. Selain itu, campuran kandungan Oxybenzone dan Octinoxate dalam air laut dapat meningkatkan temperatur air, sehingga membuat terumbu karang tampak memutih. 

Baca juga: Unik Hanya Ada 4 di Dunia, Pantai Ini Punya Pasir Warna Hijau

Dilansir Independent.co.uk, ada lebih dari 3.500 produk tabir surya yang menggunakan kandungan ini. Maka dari itu secara tidak langsung Hawaii melarang penggunaan 3.500 produk tabir surya di wilayah perairannya.

Secara undang-undang, peraturan pelarangan ini mulai efektif dijalankan pada tahun 2021, namun beberapa penginapan, para atlet, hingga toko-toko di Hawaii sudah mulai menjalankan peraturan mengenai produk tabir surya apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan.

Tentu hal ini dilakuan demi menjaga kelangsungan ekosistem bawah laut, sehingga keindahannya tetap terjaga. Nah apakah kira-kira Indonesia akan memberlakukan peraturan serupa? Mudah-mudahan saja tidak banyak produk membahayakan seperti di sana ya, Dreamers.

(jjn)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)