SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Penggunaan Tabir Surya Dilarang Karena Bisa Merusak Perairan Laut?

Selasa, 26 Juni 2018 17:05 by Rie127 | 2441 hits
Duh, Penggunaan Tabir Surya Dilarang Karena Bisa Merusak Perairan Laut?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Siapa yang tidak tahu soal tempat wisata yang memiliki keindahan alam bawah laut yang sudah terkenal hingga kepenjuru dunia, Hawaii? Namun tahukah kamu jika Hawaii baru saja mengeluarkan peraturan mengenai pelanggaran penggunaan tabir surya yang diketahui memiliki kandungan yang dapat merusak terumbu karang. 

Salah satu kandungan yang ditemukan adalah kandungan bernama Oxybenzone dan Octinoxate. Kandungan tersebut diketahui sebagai kandungan yang menjadi penyebab utama yang dapat merusak kelangsungan terumbu karang.

Beberapa merek tabir surya terkenal yang memakai kandungan ini diantaranya adalah Hawaiian Tropic dan Banana Boat. Menurut penelitian diperkirakan sekitar 14.000 ton lotion tabir surya tertinggal di terumbu karang yang ada di seluruh dunia.

Kandungan Oxybenzone dan Octinoxate yang larut dalam air laut diketahui dapat mengurangi ketahanan karang dalam menghadapi perubahan iklim dan menghambat pertumbuhan karang baru. Selain itu, campuran kandungan Oxybenzone dan Octinoxate dalam air laut dapat meningkatkan temperatur air, sehingga membuat terumbu karang tampak memutih. 

Baca juga: Kesehatan Membaik, Kim Woo Bin Dikabarkan Liburan Bareng Lee Jung Suk di Hawaii

Dilansir Independent.co.uk, ada lebih dari 3.500 produk tabir surya yang menggunakan kandungan ini. Maka dari itu secara tidak langsung Hawaii melarang penggunaan 3.500 produk tabir surya di wilayah perairannya.

Secara undang-undang, peraturan pelarangan ini mulai efektif dijalankan pada tahun 2021, namun beberapa penginapan, para atlet, hingga toko-toko di Hawaii sudah mulai menjalankan peraturan mengenai produk tabir surya apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan.

Tentu hal ini dilakuan demi menjaga kelangsungan ekosistem bawah laut, sehingga keindahannya tetap terjaga. Nah apakah kira-kira Indonesia akan memberlakukan peraturan serupa? Mudah-mudahan saja tidak banyak produk membahayakan seperti di sana ya, Dreamers.

(jjn)

  • HOT !
     Tak hanya Meraih Medali Emas Asian Games 2018, pasangan bulutangkis ganda putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo juga berhasil meraih medali emas pada Japan Open World Tour 750 2018....
  • HOT !
    Apple untuk pertama kalinya menerapkan teknologi dual SIM pada smartphone nya, yang disematkan pada tiga iPhone yang baru saja dirilis. Namun tak seperti kebanyakan ponsel Android yang dua duanya menggunakan kartu SIM konvensional, Apple menggunakan e SIM sebagai salah satu pilihannya....
  • HOT !
    Klub spanyol memang terkenal memberikan gaji pemain yang tidak tanggung, bahkan fantastis pada setiap pemainnya, terlebih pemain anyar mereka. namun kini, Otoritas Sepakbola Spanyol (LPF) memberlakukan pembatasan gaji pada 20 klub peserta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : SJFF_INA
Cast : Lee Donghae Park Sang-Mi Choi Hye-Jin Lee Donghyun (Donghae appa) Oh Hye-Sun (Donghae eomma)Dong

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)