SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keindahan Penutup Gorong-Gorong di Jepang yang Punya Arti

Selasa, 06 Februari 2018 06:30 by arnanda | 2002 hits
Keindahan Penutup Gorong-Gorong di Jepang yang Punya Arti
Image source: colossal

DREAMERS.ID - Penutup gorong-gorong atau yang dikenal dengan manhole memang menjadi suatu hal yang dianggap banyak orang tak penting untuk diperhatikan. Namun, di Jepang, manhole justru dijadikan sebagai salah satu media untuk menuangkan kreatifitas.

Selama ini Jepang memang dikenal sebagai negara yang mempunyai cita rasa tinggi terhadap seni seperti seni melipat kertas, seni melukis sawah, atau seni menghias bento (bekal makanan). Ternyata, di negeri sakura tersebut juga ada seni menghias gorong-gorong yang telah menjadi tren.


Image source: amusingplanet

Seperti dilansir Thedailynewsjapan, masyarakat Jepang ternyata cukup menaruh perhatian dan rasa seni mereka terhadap manhole.Terbukti, saat berkunjung ke negara tersebut, kita akan dengan mudah menemukan penutup gorong-gorong dengan berbagai gambar atau simbol di bagian atasnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Soal Pencurian Tutup Gorong-gorong Underpass Mampang: Terkutuk!

Menurut Japan Society of Manhole Covers (Asosiasi Penutup Gorong-gorong Jepang), ada sekitar 6000 macam gambar dan simbol pada penutup gorong-gorong yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Biasanya gambar dan simbol yang digunakan pada penutup gorong-gorong mempunyai motif dan arti yang identik dengan kota yang bersangkutan.


Image source: colossal

Misal penutup gorong-gorong di Osaka yang bergambar Osaka Castle atau penutup gorong-gorong di Shirakawa-go berbentuk rumah khas di sana, dan lain sebagainya. Walau begitu, gambar pohon, kemudian diikuti pemandangan dan bunga juga banyak ditemukan di penjuru kota.

Menariknya, selain demi keindahan mata, ternyata penutup gorong-gorong di Jepang juga didesain sedemikian rupa supaya tidak licin saat hujan. Hal ini akan membantu kendaraan beroda dua seperti sepeda motor dan sepeda tetap aman melintas penutup gorong-gorong saat hujan turun.

(nnd)

  • HOT !
    Sakit leher yang disebabkan karena terlalu banyak menghabiskan waktu membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel dikenal juga dengan istilah 'text neck'. Dan hal ini sudah menjadi perhatian para terapis fisik selama bertahun tahun....
  • HOT !
    Gaya hidup kurang sehat yang dijalani memang bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekitar di mana kita berada. Namun bukan berarti kamu harus meninggalkan lingkungan tersebut jika ingin memiliki pola hidup yang lebih sehat, karena pada dasarnya itu semua tergantung pada bagaimana kita menyikapinya....
  • HOT !
    Setelah dijenguk rekan sesama artis yaitu Feby Febiola, Vanessa Angel dinilai semakin kurus setelah mendekam sekitar dua bulan dipenjara. Bahkan menurut mantan kekasihnya Bibi, Vanessa Angel kerap tak nafsu makan hingga pernah menyebut ingin mati saja. Lalu seperti apa sih nasi cadong itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)