SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serupa Namun Tak Sama, Apa Perbedaan Hijab, Khimar, Jilbab, dan Kerudung?

Selasa, 09 Agustus 2016 15:10 by ysmn28 | 2372 hits
Serupa Namun Tak Sama, Apa Perbedaan Hijab, Khimar, Jilbab, dan Kerudung?
Cassandra Dini/Instagram

DREAMERS.ID - Menutup aurat sudah menjadi kewajiban dari seluruh wanita muslimah dengan cara berhijab. Jumlah wanita berhijab pun kian bertambah seiring berjalannya waktu. Hijab pun semakin menyesuaikan gayanya dengan mengikuti tren fashion busana muslim yang sangat pesat perkembangannya belakangan ini.

Tapi, tahukah kamu? Dalam menutup aurat, hijab bukanlah satu-satunya isitilah yang dipakai. Ada sebutan lain seperti jilbab, khimar, dan juga kerudung. Keempat penutup aurat tersebut memiliki definisi serta fungsinya masing-masing.

Bagi wanita muslim, jangan sampai salah dalam memaknai keempat penutup kepala serta aurat tersebut.

1. Hijab

Dalam bahasa Arab berarti penghalang. Dalam Al Quran, hijab adalah penutup secara umum baik tirai pembatas, kelambu ataupun tabir yang membuat seorang muslimah tertutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya. Jadi, istilah hijab adalah pakaian yang dipakai oleh muslimah untuk menutup aurat.

Istilah hijab memiliki maka yang sangat luas. Hijab muslimah bukan sebatas menutupi aurat saja, tetapi juga pakaian yang tidak membentuk lekuk tubuh, tidak berlebihan dalam memakai perhiasan, tidak terlalu sederhana, dan tidak terlalu mewah untuk terhindar dari sifat sombong.

2. Khimar

Baca juga: Jalan-jalan ke Pulau Jeju Harus Cobain Sup Seafood Halal di Daewonga

Mungkin beberapa wanita masing asing dengan sebutan ini. Khimar adalah penutup kepala, leher, dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan. Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung karena akan memperjelas bentuk lekuk dada wanita. Untuk itu, khimar dan kerudung berbeda.


Image source: Alyssa Soebandono/Instagram

3. Jilbab

Jilbab adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan sesuai dengan syariat Islam. Secara terminologi, jilbab dianggap sebagai sebuah selendang atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepala, dada, dan bagian belakang tubuhnya.


Image source: Shireen Sungkar/Instagram

Sehingga, jilbab adalah pakaian longgar yang menutupi aurat sedangkan hijab adalah pembatas umum yang menutupi aurat muslimah seperti tabir.

4. Kerudung

Kerudung adalah selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut wanita. Kerudung dapat dipakai dengan berbagai tujuan, seperti kehangatan, kebersihan, tren fashion, kesopanan, hingga perintah agama. Tapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan jika kerudung hanya dipakai sebagai pelengkap busana muslimah saja.

Sebagai seorang wanita, banyak tuntunan yang harus dijalankan, salah satunya adalah cara berpakaian agar tetap terlihat sopan dan sesuai dengan syariat agama Islam. Dan tak lupa, untuk selalu menjaga penampilan agar terlihat santun, tetapi juga modern.

(ysm)

Komentar
  • HOT !
    Tentunya bagi kamu yang sering menggunakan celana jeans, kamu pasti sering menemukan sebuah kantong kecil yang berada di saku sebelah kanan atau kiri. Pastinya diantara kalian ada yang mempertanyakan kegunaan kantong kecil tersebut....
  • HOT !
    SuperM telah sukses melangsungkan debutnya di USA pada (4/10) dengan membawakan lagu ‘Jopping’. Disusul dengan acara Fansign dalam rangka melakukan promosi di USA hingga menjadi bintang tamu di Ellen Show....
  • HOT !
    Maraknya aplikasi pesan online membuat Whatsapp selalu memberikan inovasi terhadap fitur aplikasinya. Bukan hanya mengirim teks, tetapi kini Whatsapp juga sudah dapat mengirimkan beberapa file video, foto, dokumen, bahkan website....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)