SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Bangun Stadion yang Mirip Kopiah Tradisional?

Jumat, 25 Agustus 2017 23:00 by mariesandra | 2206 hits
Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Bangun Stadion yang Mirip Kopiah Tradisional?
image source: Archdaily

DREAMERS.ID - Jelang Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar berencana untuk membangun stadion sepak bola. Namun, ada yang unik dari bangunan tersebut. Desain stadion yang bisa menampung 40.000 penonton itu mirip dengan kopiah tradisional Arab, 'gahfiya'.


image source: Archdaily

Stadion Al Thauma yang akan dibangun sekitar enam kilometer dari arah selatan pusat kota Doha ini merupakan rancangan arsitek Qatar bernama Ibrahim M Jaidah dan konsultan desain Heerim. Rencananya di bagian tribun atas akan disulap menjadi sebuah ‘legacy mode’, dimana akan ada fasilitas klinik olah raga, hotel butik, dilengkapi dengan 20.000 kursi.


image source: Archdaily

"Di dalam budaya Arab, gahfiya merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat terutama bagi mereka yang hendak beranjak dewasa," kata Komite Tinggi untuk Pengiriman dan Warisan, organisasi yang bertugas dalam pembangunan infrastruktur Piala Dunia, seperti dikutip dari Archdaily.

"Stadion ini juga menjadi lambang bagi pemuda Qatar, serta sebagai ajang kemunculan bagi negara ini sebagai pemain utama di ajang olah raga tingkat dunia dan warisan bersama Arab yang mengilhami desainnya," lanjut dia.

Hingga saat ini, ada tujuh stadion yang masih dalam proses pengerjaan, termasuk Foster + Partners 'Lusail Stadium yang akan menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan, serta Al Wakrah Stadium karya Zaha Hadid.

(san)

Komentar
  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara AFF 12th Council Meeting yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Sabtu (23/9). Beberapa Agenda pada pertemuan AFF 12th Council tersebut adalah membahas isu isu sepakbola di Asia Tenggara termasuk membicarakan isu Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia 2034 dan AFF Awarding Night 2017....
  • HOT !
    Makanan berwarni warni atau yang lebih dikenal dengan makanan bertema pelangi memang sempat hits beberapa waktu lalu. Meski tren tersebut seolah mulai tergeser dengan kreasi makanan lainnya, namun belakangan ini masih ada saja produsen makanan yang membuat produknya dengan mengusung warna pelangi....
  • HOT !
    Tidak hanya Sushi dan seafood, ternyata masih banyak masakan Jepang lainnya yang bisa jadi pilihan. Untuk yang pernah pergi ke Jepang, pasti tahu kalau di negeri Sakura itu terkenal dengan masakan mentahnya seperti sushi dan sashimi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)