home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan Dengan Iwan Nazif, ‘Comic Artist’ ‘How To Train Your Dragon’ Asal Indonesia!

Senin, 03 Oktober 2016 18:09 by reinasoebisono | 4622 hits
Kenalan Dengan Iwan Nazif, ‘Comic Artist’ ‘How To Train Your Dragon’ Asal Indonesia!
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jangan dikira membuat sebuah komik itu mudah Dreamers. Mungkin zaman sekarang membaca komik bisa dilakukan secara digital dengan maraknya Webtoon dan aplikasi membaca manga. Namun pengerjaan sebuah karya memiliki proses panjang sebelum akhirnya sampai ke tangan pembaca.

Dan mungkin, kamu hanya mengenal How To Train Your Dragons’ dari film animasi larisnya yang sudah tayang 2 film, namun ternyata kisah Hiccup dan Toothless ini ada versi komiknya, lho. Yang bikin bangga, salah satu orang di balik layarnya berasal dari Indonesia!

Iwan Nazif, seorang artist yang didapuk menjadi penciler dan inker dalam ‘HTTYD’ versi komik atau berjudul ‘Dragons Riders of Berk’. Masih menjadi pembuat komik strip di salah satu surat kabar Indonesia, kira-kira apa sih perbedaan bekerja di Indonesia dan di sebuah proyek internasional seperti ini?


Iwan Nazif (Dreamers.id)

“Berbeda, kalau di komik Indonesia, banyak 1 orang melakukan banyak hal (sampai semuanya), one man show. Tapi kalau di luar negeri, comic pro, semuanya dipisah menurut tugas masing-masing,” kata Iwan Nazif saat ditemui di acara Indonesia Comic Con 2016.

“Jadi posisi penciler, kalau di film itu (bisa dibilang) sutradaranya. Karena dia yang mengatur paneling terus angle kamera (yang dilihat di panel komik) dia yang mengerjakan,” lanjut Iwan Nazif.

Hasil karya Iwan Nazif di Amerika ini tidak akan asing untuk kamu. Karena meski berbentuk komik, cerita dasar ‘How To Train Your Dragons versi komik ini tetap sama. Mulai dari latar tempat dan karakternya juga sama. Hanya saja, cerita di setiap komiknya ini mengambil sisi lain kisah yang tidak terjadi atau belum sempat di-cover di versi filmnya. ^^


Image source: Dreamers.id/Amazon

Lebih serunya lagi, Iwan Nazif mengaku jika para comic artists dibebaskan untuk berimprovisasi dalam membuat visual meski script dari studio. Tapi tidak menutup kemungkinan ada revisi pada tahap thumbnail sketching, lho.

Walau disebut profesi comic artist di luar negeri lebih menjanjikan, Iwan Nazif bangga karena komik Indonesia juga sedang digandrungi anak muda. Nah, siapa yang berminat untuk jadi seorang pembuat komik juga, Dreamers?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)