home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Smartphone ‘Mati Mendadak’ Saat Beraktivitas? Cegah dengan Tips Berikut Ini Yuk

Sabtu, 22 Oktober 2016 13:44 by andry19 | 2883 hits
Smartphone ‘Mati Mendadak’ Saat Beraktivitas? Cegah dengan Tips Berikut Ini Yuk
source: Digital Trends

DREAMERS.ID - Apa yang bakal kamu lakukan saat menjumpai daya baterai smartphone Android atau iPhone kamu sudah kritis? Mungkin kamu mengalami kejadian seperti ini sehari – hari, dimana kamu tak bisa menemukan stop kontak untuk mengisi baterai smartphone atau sedang di jalan sehingga smartphone perlahan akan ‘mati’.

Dilansir dari tekno.liputan6.com, berikut adalah cara bagaimana memaksimalkan dan solusi cepat untuk membuat ponsel Android dan iPhone kamu tetap menyala.

1. Matikan dan Nyalakan Kembali Perangkat.

Satu hal bilamana smartphone atau perangkat mobile kamu mati karena digunakan seharian tanpa henti. Jika kamu melihat indicator baterai turun 5 atau 10 persen hanya dalam hitungan menit, itu berarti ada sesuatu yang patut dicurigai.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena salah satu aplikasi atau beberapa fungsi di perangkat Android atau iOS menyedot habis daya baterai.


Image Source : tekno.liputan6.com

Salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan hard reboot. Dengan cara ini, perangkat kamu ‘dipaksa’ untuk menghentikan fungsinya dan me-restart.

Untuk perangkat iOS (iPhone dan iPad) dapat menggunakan kombinasi tombol dengan menekan dan menahan tombol power dengan tombol home hingga logo Apple muncul.

Pada perangkat Android, ada beberapa cara untuk melakukan hard reboot. Bagi kebanyakan perangkat Android, kamu bisa menekan kombinasi tombol power dan volume down.

Salah satu cara lainnya adalah dengan melepas baterai smartphone jika memang memungkinkan.

2. Cari Aplikasi yang Konsumsi Daya Baterai.

Daya baterai kamu masih bermasalah setelah hard reboot ? Bila ya, ada baiknya kamu menyelidiki aplikasi apa saja yang menyedot baterai lebih besar dari seharusnya.


Image Source : tekno.liputan6.com

Untuk perangkat Android, kamu bisa tap Setting > Battery, gulir ke bawah dan lihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai paling besar. Tap aplikasi tersebut dan pilih Force Stop.

Untuk iOS, kamu bisa akses menu Settings> Battery untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang menyedot baterai. Jika melihat ada aplikasi yang menyedot daya baterai, kamu bisa matikan aplikasi dengan menekan tombol home dua kali dan gulir ‘kartu’ aplikasi ke atas untuk menutupnya.

Cara lainnya, kamu bisa ‘memutus’ seluruh aktivitas aplikasi dengan mengaksesnya di Settings> General> Background App Refresh dan matikan aplikasi yang kamu rasa perlu.

Baca juga: Coba Tips dan Trik Ini Supaya Kopermu Keluar Lebih Dulu Saat di Bandara

3. Aktifkan Airplane Mode

Penyebab lain kenapa indikator baterai ‘terjun bebas’ adalah karena kamu sedang berada di area layanan seluler yang jelek. Saat ini terjadi, ponsel kamu akan berusaha terus menerus untuk terkoneksi dengan penyedia seluler.

Jika dirasa sedang berada di lokasi dengan jaringan seluler yang buruk, ada baiknya kamu menyalakan Airplane Mode.


Image Source : tekno.liputan6.com

Untuk perangkat iOS, kamu bisa swipe layar ponsel ke atas untuk memunculkan jendela Control Center dan tekan tombol Airplane Mode.

Untuk perangkat Android, kamu bisa swipe layar ke bawah untuk memunculkan layar Quick Settings dan pilih tombol Airplane Mode.

Sekedar informasi, kamu tetap masih bisa menggunakan WiFi walau pun Airplane Mode sudah dinyalakan.

4. Aktifkan Mode Battery Saver.

Baik baterai iOS dan Android akan bertahan lebih lama jika kamu mengaktifkan mode battery saver ini.

Saat mode ini menyala, layar ponsel akan secara otomatis diatur lebih redup dan menonaktifkan beberapa fitur atau aplikasi yang berjalan di background.


Image Source : tekno.liputan6.com

Mode ini cukup berguna saat kamu menghadapi situasi sedang di jalan tanpa ada power bank atau membawa unit charger ponsel.

5. Beli Power Bank.

Bagi kamu yang sering bepergian pastinya tak akan selalu menemukan stop kontak untuk digunakan. Saat ini banyak pabrikan power bank yang dapat kamu pilih, baik dari segi bentuk yang unik hingga sampai dengan kapasitas baterai yang ditawarkan.


Image Source : tekno.liputan6.com

Ada baiknya jika kamu membeli power bank dengan kapasitas yang besar, dengan kapasitas besar, power bank milikmu pun dapat membuat perangkat Android atau iOS tetap menyala hingga seharian atau sampai menemukan stop kontak.

Semoga tips – tips tadi bermanfaat ya Dreamers ^^.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)