home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tunjukkan ‘Icon’ Barista Sesungguhnya, Yuk Intip Keseruan CBI Bamski Championship 2016

Senin, 05 September 2016 18:33 by daranm_ | 1318 hits
Tunjukkan ‘Icon’ Barista Sesungguhnya, Yuk Intip Keseruan CBI Bamski Championship 2016
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Selesai sudah Bamski Championship 2016 yang diadakan oleh komunitas Indonesian Latte Art Artist di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (4/9) kemarin.

Ajang perlombaan Barista Masa Kini berlangsung cukup meriah. Diikuti 29 peserta yang mendaftar dan berhasil dimenangkan oleh Pakyo sebagai juara pertama, Rangga meraih juara kedua serta Justine diposisi ketiga.

Meski ini merupakan event yang pertama dari Indonesian Latte Art Artist, namun, tak bisa diremehkan karena acara tersebut telah bekerja sama dengan Café & Braserrie Indonesia sebagai tuan rumahnya. Peserta yang terdaftar juga tidak hanya berasal dari Jakarta, melainkan banyak yang dari luar daerah seperti Medan, Yogyakarta, Padang dan sebagainya.

Berbeda dengan perlombaan barista pada umumnya, Bamski Championship 2016 memiliki konsep menarik. Ardian Maulana, selaku founder Indonesian Latte Art Artist mengungkapkan tujuan event ini yaitu menghilangkan kesenjangan barista multinasional dengan barista di kedai kopi biasa.

“Kita memberanikan diri buat event nasional seperti ini. Konsepnya saya buat sendiri, saya memperhatikan kebutuhan dari industri ini. Jadi barista itu terpotong-potong profesinya, ada yang bilang barista itu yang bikin latte art, yang bikin manual brewing itu bukan barista. Padahal ada kekeliruan bahwa brewers itu juga bagian dari barista. Makanya kita mengangkat kompetisi ini atas nama besar barista untuk meng-highlight, ini loh barista sesungguhnya,” tuturnya.


Image source: dreamers.id/

Ia pun melanjutkan “Barista itu harus bisa semuanya. Harus bisa bikin espresso, bikin latte art, manual brewing dan dia harus tau rasa kopi.”

Untuk menjadi pemenang, para peserta harus mampu melewati beberapa tahap penyisihan, mulai dari babak pertama membuat dua shoot espresso, kemudian babak kedua melakukan brewing, lanjut dengan triangulation challenge serta sampai grand final diikuti penyeduhan espresso manual.

Tentunya peserta juga harus bangga dengan kopi Indonesia, bisa menceritakan keunikan kopinya, tahu informasi yang banyak tentang kopi dan ‘mengenal’ kopi.

Nah, ini adalah latte art hasil buatan salah satu peserta Bamski Championship 2016


image source: dreamers.id

Sementara itu, event Bamski tersebut rencananya akan diadakan kembali di tahun 2017 mendatang.

Dreamers, kalau ingin join bersama komunitas Indonesian Latte Art Artist, penasaran sama info terbaru atau mau ikut event mereka, kamu bisa follow dan cek di akun Instagram resminya @indonesianlatteartartist 

(dnm)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)