SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Masalah Pernapasan, Kabut Asap Juga Bisa Ganggu Kesehatan Mata

Jumat, 02 Oktober 2015 19:16 by zia92 | 1403 hits
Tak Hanya Masalah Pernapasan, Kabut Asap Juga Bisa Ganggu Kesehatan Mata
Image source: viva.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap yang melanda beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan belum juga dapat ditangani secata tuntas. Dan kini sejumlah ahli medis semakin mengkhawatirkan dampaknya bagi masyarakat setempat.

Salah satu dampak nyata dari kabut asap ini adalah banyaknya warga yang mulai terkena masalah pernapasan atau ISPA. Tapi selain itu, masalah lainnya yang tidak kalah berisiko adalah kesehatan mata.

Menurut sebuah penelitian, asap kebakaran hutan yang mengandung senyawa jahat, dapat menyebabkan ketidakstabilan air mata," kata Diah Farida, dokter mata RSUP Persahabatan Jakarta pada Jumat (2/10), melansir laman CNN.

Air yang diproduksi oleh kelenjar air mata manusia sangat penting bagi tubuh. “Air mata itu mengandung antibodi dan lubrikasi yang bisa mempengaruhi imunitas dan kestabilan tubuh manusia,” kata Diah.

Baca juga: Fenomena Merugikan Ini Dikhawatirkan Akan Ganggu Asian Games Palembang

Jika mata terus menerus terkena asap kebakaran hutan, kerusakan mata bisa terjadi dimulai dari kelenjar air mata ini. Kelenjar air mata akan terus menerus dipaksa untuk berproduksi untuk menjaga kelembaban mata hingga mengalami kerusakan.

"Gejalanya tuh bisa berupa mata kering, gatal-gatal, panas dan iritasi," ucapnya.

Untuk pencegahan, Diah menyarankan untuk memakai google glass atau kacamata untuk berenang dan meneteskan air mata buatan agar mata tidak kering.

(fzh)

  • HOT !
    Siapa yang tak suka menonton film animasi? Selain cerita dan karakternya yang lucu, terdapat juga suasana serta pulau yang indah. Pastinya penggemar film animasi ingin mengunjungi pulau yang terdapat pada film animasi tersebut....
  • HOT !
    Pemerintah pusat saat ini sedang gencarnya melakukan pembangunan serta perbaikan fasilitas fasilitas yang nantinya akan digunakan sebagai venue dalam ajang Asian Games 2018 pada bulan Agustus. LRT Palembang, Wisma Atlet, dan Stadion Gelora Bung Karno adalah beberapa diantaranya....
  • HOT !
    WhatsApp merupakan aplikasi perpesan elektronik yang kini banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan perbincangan. Untuk membuat tampilan lebih sempurna aplikasi WhatsApp merilis beberapa update fitur terbaru....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)