home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa yang Dilakukan Jika Lidah Tergigit?

Senin, 11 Juni 2012 11:00 by wahyu | 3296 hits
Apa yang Dilakukan Jika Lidah Tergigit?
floresnews.com

Kondisi lidah tergigit tanpa sengaja pasti sering terjadi. Ketika makan, berbicara, atau diam membuat seseorang bisa secara tidak sengaja tergigit. Hal ini tentu membuat tidak nyaman dan sakit. Lantas apa yang kamu lakukan agar tidak menjadi sariawan?

Lidah yang tergigit membutuhkan wkatu untuk sembuh. Kondisi ini memang menyakitkan dan seringkali menjadi luka atau sariawan yang tentunya membuat seseorang tidak nyaman untuk makan atau berbicara.

Trauma fisik seperti lidah yang tergigit merupakan salah satu penyebab sariawan. Ini karena sariawan merupakan bentuk luka atau ulkus pada mukosa, ulkus ini bisa bertahan melalui peradangan atau infeksi sekunder.

Umumnya sariawan akan mudah terjadi jika daya tahan mukosa rongga mulut tengah mengalami penurunan, maka trauma atau bentuk fisik yang terjadi dimulut akan mempercepat pemicu sariawan. Dikutip dari Boldsky , beberapa hal yang dapat dilakukan ketika lidah tergigit :

1. Lidah yang tergigit bukanlah suatu hal yang serius dan bisa disembuhkan dengan mudah. Hal ini karena kandungan dalam air liur bisa membantu menyembuhkan gigitan.

Baca juga: akmu

2. Ketika lidah tergigit, segera letakkan batu es di lidah untuk mengurangi rasa sakit dan juga menghentikan pendarahan.

3. Kumur mulut dengan menggunakan air garam selama beberapa detik, karena air garam bisa menjadi obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan dan memiliki zat melawan bakteri serta mencegah infeksi

4. Jika memiliki madu, maka oleskan 1 sendok madu setidaknya 2 kali dalam sehari, madu yang manis bisa efektif untuk menyembuhkan lidah yang tergigit.

5. Mengonsumsi air, lebih diutamakan menggunakan air dingin karena memberikan efek menenangkan dan bisa sekaligus mengompres.

6. Usahakan untuk menghindari makanan pedas karena bisa meningkatkan peradangan sehingga memperlambat proses penyembuhan. (way)

Komentar
  • HOT !
    Anime Festival Asia akan segera kembali hadir di Indonesia dan telah dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 3 5 Mei 2024 di Jakarta Convention Centre. Sebagai penyelenggara acara hiburan Jepang dan pemilik Anime Festival Asia, SOZO bekerja sama dengan PK Entertainment untuk kelangsungan acara....
  • HOT !
    Pada 28 Januari mendatang, akan menggelar acara awal tahun yang dihadiri oleh banyak komunitas yang bertajuk ‘HYBE LABEL STAN 2024’ yang digelar di Boxies 123 Mall, Bogor, Jawa Barat....
  • HOT !
    Seiring dengan berkembangnya musik K Pop di Indonesia, semakin banyak juga grup grup dance cover yang meramaikan komunitas penggemar K Pop di tanah air. Salah satu yang bisa dibilang sebagai "sunbae" atau senior di komunitas ini adalah WAR DC....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)