home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Dampak Negatif, Yuk Intip Cara Menghentikan Kecanduan Belanja Online

Kamis, 19 Desember 2019 23:00 by Rie127 | 914 hits
Punya Dampak Negatif, Yuk Intip Cara Menghentikan Kecanduan Belanja Online
Image Source: Merdeka

DREAMERS.ID - Tren belanja online memang sudah terjadi dala beberapa tahun belakangan ini. Kemudahan dalam berbelanja, hingga promo dan diskon yang ditawarkan pastinya membuat niat berbelanja semakin besar.

Namun, jika kamu menjadi kecanduan berbelanja online, maka hal tersebut perlu dihentikan. Karena kecanduan tersebut akan mempengaruhi kehidupan pribadi, bahkan berpengaruh pada pekerjaan yang tidak kunjung selesai karena terlalu sibuk belanja online.

“Hal ini terjadi ketika seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu, energi, dan uang untuk berbelanja, atau bahkan hanya berpikir tentang belanja yang dapat merusak hidup secara serius,” urai April Benson, PhD, psikolog spesialis gangguan perilaku gila belanja sekaligus penulis buku To Buy or Not to Buy, yang berdomisili di New York, AS.

“Belanja dapat menstimulasi hormon yang memberikan perasaan senang di otak, belanja online jauh lebih mudah membuat seseorang menjadi pencandu”. imbuh Benson.

“Data menyebutkan 5,8 persen populasi di dunia bisa dikatakan sebagai pembeli kompulsif, ini semakin lazim karena transaksi jual beli daring semakin populer”.

Dilansir dari LineToday, berikut ini merupakan tips-tips untuk menghindari kecanduan belanja online dan dapat belanja dengan bijak. Yuk simak dibawah ini!

1. Berhenti Berlangganan Iklan Online

Ketika kalian men-subscribe sebuah iklan online shop. Maka secara otomatis, segala bentuk promosi akan dikirim dari pihak perusahaan online shop ke email. Untuk menghindari agar tidak tergiur untuk belanja, kamu dapat berhenti untuk men-subscribe atau mem-follow sebuah online shop.

 

2. Blokir Akses Internet ke Online Shop

Jika kamu tipe yang tidak kuat menahan godaan belanja online. Ada baiknya kamu memblokir beberapa akun online shop yang kamu follow di media sosial.

3. Hapus Aplikasi Online Shop

Jika memang diharuskan, kamu dapat menghapus aplikasi online shop yang sebelumnya telah kamu download di smartphone, agar kamu tidak terlalu mengikuti event diskon yang ditawarkan

4. Temukan Akar Masalah

Pada tahun 2013, penelitian di Sekolah Bisnis Universitas Michigan mengemukakan fakta, bahwa berbelanja dan memilih-milih barang dapat mengurangi rasa sedih dan stres.

Namun, perlu di garisbawahi, bahwa belanja hanya mengalihkan dan sifat kesenangannya sesaat. Maka dari itu, yang penting untuk dilakukan, menemukan akar masalah, apa yang membuat kamu sedih atau stres, lalu mencari solusinya.

5. Buat batasan pribadi

Terapkan batasan-batasan berbelanja untuk diri sendiri, seperti membatasi jumlah pengeluaran, membuat batasan untuk belanja online, hingga membatasi barang-barang yang harus dibeli atau tidak.

6. Minta Bantuan Ahli

Pendiri laman konsultasi keuangan moneysmartlatina.com, Athena Lent, pernah mengalami kecanduan belanja ketika remaja dan baru sembuh setelah melalui terapi dan pengobatan.

“Ketika saya menemukan titik masalah dan mencari bantuan, yang mencakup terapi dan medikasi untuk menyembuhkan kecemasan dan depresi, keadaan menjadi lebih baik,” ungkap Athena. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)