home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

10 Street Food Korea Populer yang Wajib Kamu Cicipi, Bikin Ngiler

Kamis, 12 Agustus 2021 17:33 by rizaluthfiah | 5968 hits
10 Street Food Korea Populer yang Wajib Kamu Cicipi, Bikin Ngiler
Image Source : zeenrooms

DREAMERS.ID - Pasti tidak asingkan dengan makanan street food Korea ini? Sering terlihat di drama Korea serta reality show idol, tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencicipinya. Dari yang gurih hingga manis, dari penampilannya saja sudah membuat perut lapar.

Berikut 10 jajanan street food khas Korea yang populer wajib kamu cobain saat berkunjung ke Korea Selatan, dikutip dari Zeenrooms.

1. Tteokbokki (Kue Beras)

Jika kamu menyukai makanan pedas, tteokbokki Korea cocok untuk dicicipi. Makanan ini terbuat dari kue beras yang dibumbui dengan saus cabai khas Korea (gochujang). Biasanya juga dilengkapi dengan eomuk atau fish cake, dan telur.

Meskipun tteokbokki hampir bisa ditemukan di setiap sudut, kamu harus coba yang ada di kota Sindang, yang dikenal memiliki beberapa restoran tteokbokki terbaik di Seoul. Harganya mulai dari 1.000 Won - 8.000 Won (sekitar Rp 12rb - Rp 96rb).

2. Eomuk (Kue Ikan)

Eomuk atau odeng atau kue ikan adalah jajanan favorit saat cuaca dingin, baik itu ketika hujan atau bersalju. Eomuk biasanya ditusuk di atas kayu tebal yang disajikan dengan kuah kaldu hangat yang gurih. 

Tidak sulit untuk mencari eomuk, karena ada di berbagai sudut Korea dan hampir selalu dijual bersama tteokbokki. Jadi, tidak ada alasan untuk melewatkan street food Korea yang satu ini. Harga dari Odeng sendiri mulai dari 500 Won - 1.000 Won (sekitar Rp 6rb - Rp 12rb).

3. Gyeranppang (Roti Telur)

Gyeranppang adalah nama jajanan Korea yang terbuat dari roti dan telur. Secara penampilan mirip seperti muffin, dengan komposisi roti di bawah dan telur di atas. Telurnya tidak amis dan terasa gurih.

Jajanan ini sangat cocok untuk dimakan saat sarapan, makan siang, camilan, dan makan malam. Bisa kamu dapatkan di hampir setiap jalanan Korea, misalnya Myeongdong. Harganya mulai dari 1.000 Won - 3.000 Won (sekitar Rp 12rb - Rp 36rb).

4. Corn Dog

Corn dog juga street food Korea yang populer dan sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Korea. Di Indonesia pun sudah banyak yang menjual makanan satu ini. Corn dog terbuat dari sosis dan keju mozarella yang ditusuk dengan kayu lalu dibaluri dengan tepung kemudian digoreng. 

Ada berbagai macam corn dog seperti dengan tambahan gurita hingga dilapisi kentang goreng. Lebih nikmat dimakan ketika dilumuri mayonaise, saus tomat dan sambal serta mustard sebagai pelengkap. Harganya mulai dari 2.500 Won - 4.000 Won (sekitar Rp 30rb - Rp 48rb).

5. Hotteok

Hotteok merupakan street food yang mirip seperti pancake Korea. Bedanya, cara masaknya digoreng dan memiliki berbagai macam varian isi. Seperti daging cincang, kacang tanah, serta biji wijen.

Ada juga isian gurih seperti kimchi atau japchae. Pastikan untuk mencoba Hotteok, karena ini adalah salah satu makanan jalanan Korea yang paling enak dengan harga 4.000 Won (sekitar Rp 48rb).

6. Bugeoppang

Bugeoppang adalah kue berbentuk ikan yang diisi dengan pasta kacang merah manis dan dimasak hingga berwarna cokelat keemasan. Jika kamu ingin mendapatkan rasa yang lain, kamu bisa mencoba bungeoppang dengan es krim vanilla atau cokelat di dalamnya. Harganya mulai dari 3.000 Won - 4.000 Won (sekitar Rp 36rb - 48rb).

7. Pajeon

Makanan jalanan lain yang mennggiurkan di Korea Selatan adalah Pajeon, sejenis panekuk Korea yang renyah gurih di mana adonannya terdiri dari tepung terigu, tepung beras, telur, dan daun bawang. 

Ada juga jenis pajeon lain yang bisa kamu coba, seperti bindaetteok (pancake kacang hijau), haemuljeon (pancake seafood), soegogi-jeon (pancake daging sapi), gochujeon (pancake cabai hijau), dan kimchi-jeon (pancake kimchi). Harga paejon ini dimulai dari 6.000 Won - 8.000 Won (sekitar Rp 72rb - Rp 96rb).

8. Kimbap

Kimbap atau nasi yang digulung rumput laut adalah jajanan terkenal lainnya di Korea Selatan. Makanan ini mirip seperti sushi Jepang. Isiannya berupa sayuran, daging, ikan, hingga kimchi. Kamu dapat menemukan di berbagai toko di jalanan Korea maupun pasar. Harganya mulai 2.000 Won - 4.000 Won (sekitar Rp 24rb - Rp 48rb).

9. Yangnyeom Tongdak (Ayam Goreng Korea)

Jika kamu penggemar berat drama Korea pasti tidak asing dengan makanan ini bukan? Yang membedakan dengan ayam goreng lainnya, ayam goreng Korea memiliki kulit yang tipis dan renyah. Rahasia kerenyahannya karena digoreng dua kali.

Tidak hanya rasa original, kamu bisa memesan varian BBQ atau spicy. Tipsnya, untuk menambah kenikmatan memakan ayam goreng Korea, pesan juga bir atau istilah dalam bahasa Korea-nya chimaek. Harganya bervariasi tergantung tempat membelinya.

10. Japchae

Japchae adalah makanan klasik Korea yang dimasak dengan menumis dangmyeon, yaitu mi kaca yang kenyal dan licin yang terbuat dari tepung kentang. Japchae biasanya diberi berbagai topping seperti potongan telur, wortel, jamur, bayam, dan irisan daging sapi yang diasinkan, serta biji wijen.

 

Memiliki rasanya gurih dan juga manis, japchae ini juga biasanya disajikan untuk setiap acara spesial di Korea. Harganya mulai dari 3.000 Won - 5.000 Won (sekitar Rp 36rn - Rp 60rb).

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)