home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Makanan Ini Dapat Menyebabkan Perut Kembung

Senin, 04 Januari 2021 12:45 by SartikaF | 1462 hits
5 Makanan Ini Dapat Menyebabkan Perut Kembung
Image Source: Detik.com

DREAMERS.ID - Pasti pernah merasakan gejala tekanan pada perut yang tidak nyaman dan sering diisyaratkan sebagai masuk angin, padahal ith adalah perut kembung. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal sederhana seperti pola makan yang terlalu cepat, merokok, berbaring setelah makan, hingga makanan yang dikonsumsi.

Melansir laman Detik Health, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, dalam kebanyakan kasus, perut terasa kembung adalah hasil dari memiliki gas ekstra di sistem pencernaan karena menelan udara atau makan makanan tertentu.

Namun perlu diperhatikan jika setiap setelah makan perut selalu kembung. Sebab hal ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan. "Ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan usus dan pencernaan Anda," kata Rachel Doyle, RDN, pemilik RAD Nutrition yang berbasis di Chicago.

Mengutip dari Everyday Health via Detik, berikut lima makanan yang bisa memicu terjadinya perut kembung.

1. Produk susu

Produk susu termasuk keju, susu, dan es krim dapat menyebabkan masalah perut bagi sebagian orang karena laktosa. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders banyak orang mengalami kesulitan mencerna laktosa terutama orang dewasa yang berlatar belakang Afrika, Amerika, atau Asia.

Jika kamu tidak dapat berhenti mengonsumsi produk susu, cobalah mengonsumsi suplemen enzim seperti Lactaid sebelum makan untuk membantu tubuh memecah laktosa. Berbeda dengan yoghurt, jenis produk susu ini justru dapat membantu meredakan perut kembung.

2. Sayuran cruciferous

Sayuran yang termasuk jenis cruciferous adalah brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, arugula, dan kubis brussel. Jenis sayuran ini mengandung gula yang disebut raffinose, yang bisa menyebabkan gas. Memakannya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gas berlebih menumpuk sehingga memicu perut kembung.

3. Makanan olahan

Sodium atau natrium adalah kandungan dalam makanan yang perlu dihindari agar tidak mengalami perut kembung, sebab sodium dapat menahan air. Dan ketika itu terjadi, kamu akan mengalami pembengkakan atau kembung.

Sodium umumnya berasal dari makanan kemasan dan olahan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, saus, sup kaleng, dan makanan yang dipanggang seperti roti dan bagel.

4. Makanan tinggi lemak

Makanan yang cenderung tinggi lemak jenuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain sehingga menyebabkan kembung, kata Kristin Gillespie, RD, seorang dokter dukungan nutrisi bersertifikat yang berbasis di Virginia Beach, Virginia.

Makanan yang memiliki tinggi lemak jenuh seperti makanan yang dipanggang, daging olahan, dan keju. Untuk mengatasi perut kembung, sebaiknya batasi asupan lemak jenuh hingga 10 persen atau kurang dari jumlah kalori harian.

5. Apel

Meskipun merupakan makanan sehat, apel mengandung fruktosa tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan kembung. Apel juga dianggap sebagai makanan FODMAP tinggi, yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Menurut Johns Hopkins Medicine, FODMAP adalah akronim untuk gula yang diserap oleh usus kecil dengan buruk (oligosakarida yang difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol).

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)