home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Luwak, Muncul Kopi dari Kotoran Gajah yang Mahal dan Langka

Rabu, 16 September 2020 14:03 by bonita99 | 598 hits
Setelah Luwak, Muncul Kopi dari Kotoran Gajah yang Mahal dan Langka
Image source: telegraph

DREAMERS.ID - Selain luwak yang menghasilkan kopi terbaik, kini gajah juga menghasilkan kopi yang mahal dan langka. Karena kotoran gajah digunakan untuk membuat merek minuman hibrida teh-kopi yang langka yaitu Black Ivory Coffee.

Black Ivory Coffee pertama kali diproduksi oleh perusahaan eponim di Golden Triangle Asian Elephant Foundation di Chiang Saen yang merupakan sebuah tempat perlindungan terhadap gajah.

Melansir Tempo, ide mematangkan biji kopi dengan kotoran gajah berawal dari Thailand. Berbeda dengan luwak yang memilih biji kopi matang sendiri, sedangkan gajah diberi biji kopi arabika Thailand yang dicampurkan ke dalam makanannya.

Ketika gajah mengeluarkan kotoran, biji tersebut langsung diambil, dicuci dan dijemur. Setelah kering, biji akan dikuliti dan disortir dengan mesin dan akhirnya dipanggang. Kira–kira 33 kg biji kopi yang dimakan gajah, hanya dapat menghasilkan kurang lebih 1 kg kopi.

Menurut Africageographic, gajah adalah hewan herbivora dan proses fermentasi yang digunakan untuk memecah selulosa dalam makanan gajah menghasilkan ‘rasa buah manis’ pada limbahnya, itulah yang menghasilkan produk teh-kopi hibrida dengan ‘biji kopi, rasa cokelat’.

Black Ivory Coffee saat ini dijual ke hotel-hotel bintang lima tertentu. Untuk harga jual satu paket Black Ivory Coffee atau 35 gram senilai US$100 dolar atau setara Rp 1,4 juta.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Diketahui pada Senin (28/9/2020), kemarin enam anggota tim Persebaya Surabaya dinyatakan positif Covid 19 dengan kondisi tanpa gejala. Jadwal penyelenggaraan Liga 1 juga resmi ditunda oleh PSSI mengingat penyebaran virus corona yang masih aktif....
  • HOT !
    Penyebaran COVID 19 bukan hanya dari cipratan droplet atau udara saja, tetapi penyebaran juga berasal dari permukaan benda benda yang sering disentuh dengan tangan manusia dalam kesehariannya....
  • HOT !
    Celana jeans memang salah satu fashion item yang hampir dipakai semua orang. Celana simple dan nyaman yang dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis atasan membuat tampilan menjadi stylish....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)