home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Luwak, Muncul Kopi dari Kotoran Gajah yang Mahal dan Langka

Rabu, 16 September 2020 14:03 by bonita99 | 869 hits
Setelah Luwak, Muncul Kopi dari Kotoran Gajah yang Mahal dan Langka
Image source: telegraph

DREAMERS.ID - Selain luwak yang menghasilkan kopi terbaik, kini gajah juga menghasilkan kopi yang mahal dan langka. Karena kotoran gajah digunakan untuk membuat merek minuman hibrida teh-kopi yang langka yaitu Black Ivory Coffee.

Black Ivory Coffee pertama kali diproduksi oleh perusahaan eponim di Golden Triangle Asian Elephant Foundation di Chiang Saen yang merupakan sebuah tempat perlindungan terhadap gajah.

Melansir Tempo, ide mematangkan biji kopi dengan kotoran gajah berawal dari Thailand. Berbeda dengan luwak yang memilih biji kopi matang sendiri, sedangkan gajah diberi biji kopi arabika Thailand yang dicampurkan ke dalam makanannya.

Ketika gajah mengeluarkan kotoran, biji tersebut langsung diambil, dicuci dan dijemur. Setelah kering, biji akan dikuliti dan disortir dengan mesin dan akhirnya dipanggang. Kira–kira 33 kg biji kopi yang dimakan gajah, hanya dapat menghasilkan kurang lebih 1 kg kopi.

Menurut Africageographic, gajah adalah hewan herbivora dan proses fermentasi yang digunakan untuk memecah selulosa dalam makanan gajah menghasilkan ‘rasa buah manis’ pada limbahnya, itulah yang menghasilkan produk teh-kopi hibrida dengan ‘biji kopi, rasa cokelat’.

Black Ivory Coffee saat ini dijual ke hotel-hotel bintang lima tertentu. Untuk harga jual satu paket Black Ivory Coffee atau 35 gram senilai US$100 dolar atau setara Rp 1,4 juta.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)