home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cobain Nurungji Baeksuk, Bubur Khas Korea Dengan Ayam Utuh

Rabu, 02 September 2020 15:45 by bonita99 | 1219 hits
Cobain Nurungji Baeksuk, Bubur Khas Korea Dengan Ayam Utuh
copymethat

DREAMERS.ID - Bubur ayam sering menjadi makanan favorit warga Indonesia untuk sarapan. Teksturnya yang lembut dan hangat dengan irisan daging ayam, kecap manis, daun bawang, bawang goreng. Di Korea Selatan juga ada jenis bubur ayam yang tidak berbeda jauh cara penyajiannya.

Bubur ayam khas Korea atau Nurungji Baeksuk merupakan ayam yang direbus dengan nasi, namun berbeda dari Samgyetang. Nurungji adalah kerak nasi gosong yang dikeringkan menjadi kerupuk. Teksturnya renyah dan gurih, sering dinikmati masyarakat tradisional Korea.

Sedangkan Baeksuk adalah sup ayam rebus utuh Korea dan sering dimasak dalam panci presto. Secara tradisional, Nurungji Baeksuk dibuat dengan ayam utuh, bawang putih, dan daun bawang tanpa bumbu apapun dan disajikan dengan campuran garam dan merica untuk dicelupkan atau dibumbui di meja.

Jika kamu tidak mempunyai nurungji kamu dapat memakai beras ketan manis atau chapssal dalam bahasa Korea. Dimasak sampai nasi di bagian bawah hangus, dan menjadi bubur lembut seperti beludru, maka jadilah Nurungji Baeksuk.

Melansir koreanbapsang berikut resep membuat Nurungji Baeksuk.

Bahan-bahan:

1 ayam utuh
1 1/2 cangkir beras ketan manis
1 daun bawang daepa besar
5 siung bawang putih
2 irisan tipis jahe
Garam dan merica
4 gelas air atau (2 gelas kaldu ayam kualitas baik dan 2 gelas air)

Cara membuat:

1. Buang lemak berlebih dari ayam dengan cara menguliti ayam dengan pisau atau gunting untuk mengurangi lemak.

2. Bilas beras manis, tiriskan, dan masukkan ke dalam panci presto / panci instan.

3. Letakkan ayam di atas nasi. Tambahkan daun bawang, bawang putih dan jahe bersama dengan 4 gelas air (atau 2 gelas kaldu ayam dan 2 gelas air).

4. Tutup panci dan masak kurang lebih 25 menit api besar. Setelah 25 menit, biarkan selama 10 hingga 15 menit dengan api kecil sebelum membuka tutupnya.

5. Jika sudah selesai, angkat ayam. Jika kamu ingin nurungji lebih kental kamu bisa membiarkan dimasak selama 5 menit lagi. Kamu dapat membuang atau memakai jahe, daun bawang dan bawang putihnya.

Sajikan selagi hangat, dan bisa menambahkan kimchi saat menikmati bubur ayam ala Korea yang lezat ini

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)