home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Museum Virtual Pertama di Dunia Akan Segera Dibuka, Ada Apa Saja?

Selasa, 01 September 2020 08:00 by Rie127 | 643 hits
Museum Virtual Pertama di Dunia Akan Segera Dibuka, Ada Apa Saja?
Image Source: Lonely Planet

DREAMERS.ID - Sejak semakin meluasnya penyebaran virus corona, beberapa kegiatan dilakukan secara online. Dimulai dari meeting dengan klien, sekolah, hingga tempat hiburan, seperti Virtual Online Museum of Art (VOMA).

Museum virtual pertama di dunia ini akan resmi dibuka pada awal bulan September mendatang. Dilansir dari Lonely Planet, VOMA juga menjadi museum virtual yang sepenuhnya interaktif pertama di dunia, dengan karya klasik dan kontemporer dari seluruh dunia.

Semua konten di dalamnya juga dapat dilihat secara gratis, dan koleksi yang ada didalam museum virtual ini merupakan hasil kurasi Lee Cavaliere yang juga menjabat sebagai Direktur VOMA.

Koleksi itu diambil dari sejumlah lembaga kenamaan seperti Museum Hermitage, Institut Seni Chicago, dan Museum Seni Metropolitan (MOMA) New York.

Sementara, karya-karya yang akan dipamerkan adalah ‘Olympia’ Édouard Manet, yang dipamerkan di Musée d'Orsay di Paris, ‘The Garden of Earthly Delights’ oleh Hieronymus Bosch di Museo del Prado Madrid, serta karya modern dari Nan Goldin, Kara Walker, Li Wei, dan lainnya.

Salah satu galeri seni dalam museum virtual ini juga akan mengadakan pameran yang mengeksplorasi hubungan manusia dan akan menampilkan ‘Degenerate Art Show’, sebuah kreasi ulang dari pameran Nazi 1937 sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menunjukkan bagaimana seni dapat digunakan sebagai alat penindasan.

Museum ini juga akan berfokus pada pendatang baru, dengan seniman Kenya-Inggris Phoebe Boswell yang menerima penghormatan perdana di Artist Space di VOMA.

Selain menonjolkan karya seni, VOMA juga dilaporkan akan mengandalkan kru arsitek, desainer CGI, pemain game, dan kurator untuk mengolaborasikan grafik komputer dengan interaktivitas game sebagai upaya menghadirkan pengalaman otentik dan serasa berjalan di galeri kehidupan nyata.

“Ruang tontonan virtual bisa terasa seperti tempat yang sepi - sepi, kosong, terkadang sedikit tidak nyaman, dalam membangun dan mengatur VOMA, kami ingin menjauhi perasaan itu, yang tidak jauh berbeda dari berjalan ke ruang galeri yang sunyi dan tetap merasa bersemangat,” kata seniman Stuart Semple, yang merancang museum VOMA dikutip dari CNN Indonesia.

Pihaknya juga mengatakan bahwa mereka ingin pengunjung merasakan seperti di ruangan sendiri, dan menginginkan agar pengunjung dapat datang kembali untuk melihat karya-karya baru dan bersenang-senang. Museum virtual VOMA dijadwalkan akan mulai dibuka pada 4 September mendatang.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)