home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Aman Staycation di Tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 26 Juni 2020 15:15 by Rie127 | 557 hits
Tips Aman Staycation di Tengah Pandemi Covid-19
Image Source: Traveloka

DREAMERS.ID - Seiring dengan berjalannya new normal, Pemerintah Indonesia mulai melonggarkan pembatasan perjalanan wisata. Sehingga, saat ini masyarakat sudah dapat berkunjung ke daerah yang berzona hijau dan kuning.

Tapi, bukan berarti pelonggaran ini digunakan secara berlebihan. Melepas rasa bosan setelah menjalani karantina selama 3 bulan memang boleh. Staycation atau bermalam singkat mungkin bisa menjadi pilihan. Namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan ya.

Dilansir dari CNN, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin melakukan perjalanan staycation.

1. Cari Informasi Soal Layanan dan Fasilitas Penunjang Kesehatan

Menginap di perkemahan, hotel atau villa memang tidak sepenuhnya aman dari virus corona. Hal ini diperlukan perhatian ekstra, apakah tempat kamu menginap telah menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Carilah informasi terlebih dahulu melalui situs resmi tempat kamu akan menginap, untuk bertanya mengenai protokol kesehatan yang telah diterapkan ditempat tersebut.

Pastikan juga untuk bertanya mengenai kualitas udara, ventilasi, jadwal disinfeksi, fasilitas cuci tangan di area umum, opsi tanpa kontak seperti kunci digital, sampai protokol mengenakan masker, jarak sosial, dan pemeriksaan suhu tubuh bagi tamu dan staf.

2. Jauhi Keramaian dan Ruangan Tertutup

Baca juga: WHO Didesak Revisi Rekomendasi, Para Ahli Yakin Virus Corona Menular Lewat Udara?

Walaupun telah memasuki new normal, menjaga jarak masih harus diterapkan. Pastikan untuk mencari waktu di hari biasa, atau bukan di weekend dan libur nasional untuk menghindari keramaian.

Jika, memang ingin melakukan staycation di weekend, pastikan bahwa tempat penginapan tersebut berada di zona hijau atau jauh dari rumah sakit rujukan pasien virus corona.

3. Jaga Kesehatan Diri dan Tamu Lain

Jangan hanya berpatokan pada protokol kesehatan yang diterapkan oleh penginapan saja. Namun, tetaplah jaga kebersihan dan kesehatan diri. Gunakan masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

4. Reservasi Restoran Hotel atau Pilih Hotel Dekat Pusat Kuliner

Saat ini hotel-hotel sudah idak menyediakan makanan secara prasmanan seperti biasa. Sebagai gantinya, pihak hotel menyediakan menu satuan, sehingga tidak perlu mengatri bersama tamu lain, atau kamu dapat mencari restaurant lain atau datang ke pusat kuliner dekat tempat menginap.

5. Cek Kesehatan

Tentunya, sebelumnya melakukan staycation, kalian wajib untuk melakukan check-up kesehatan untuk memastikan bahwa kalian dalam keadaan sehat, dan tidak menularkan penyakit apa pun ke orang lain.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)