home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Satu Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Masuk Isolasi, Perlukah Pakai Masker N95?

Jumat, 24 Januari 2020 12:20 by reinasoebisono | 3897 hits
Satu Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Jakarta Masuk Isolasi, Perlukah Pakai Masker N95?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kabar viral kemarin seorang pegawai Huawei di Gedung BRI II terjangkit virus corona ternyata dinyatakan tidak terjangkit. Kini seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara dittapkan sebagai suspect virus corona.

Melansir Detik, rumah sakit memberi penjelasan jika pasien tersebut adalah warga negara Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari Cina. Pasien tersebut mengalami tanda-tanda mirip dengna seseorang yang terjangkit virus corona yaitu demam, batuk dan sesak napas.

"Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Corona Virus atau tidak. Kita ambil sample dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian," kata perwakilan rumah sakit.

Rumah Sakit tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi suspect. Dibutuhkan waktu 2-3 hari sampai penelitian selesai.

Soal proteksi, Rpakar saluran napas dr. Diah, SpP menjelaskan jika masker N95 dinilai memiliki efek perlindungan lebih baik dari masker bedah biasa. Jenis masker ini disarankan untuk dipakai di lingkungan yang high risk, seperti di rumah sakit atau di lingkungan yang memang terkontaminasi ada kasus.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

"Misalnya kita ada di Wuhan sana, itu perlu pakai masker N95," jelasnya.

Namun ternyata ada yang perlu dicatat jika efektivitas masker N95 dalam memproteksi saluran napas juga dipengaruhi oleh cara pakai. Salah satu keluhan saat memakai masker ini adalah kurang nyaman karena sangat rapat, padahal cara pakai yang benar memang harus rapat.

"Kalau pakai masker N95 kok masih nyaman bernapas, biasanya pakainya salah," kata dr Diah.

Namun jika berbicara tentang masker bedah biasa, penggunaan masker sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan jika memang tidak sedang ada kasus dan sirkulasi udara di suatu tempat terjaga dengan baik. Menurut dr. Diah, proteksi lain yang tidak kalah penting adalah dengan sering mencuci tangan, tidak kucek-kucek mata dan selalu menjaga etika batuk.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)