SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Magic Mushroom Diklaim Dapat Atasi Depresi, Lebih Ampuh Dibanding Antidepresan?

Selasa, 17 Desember 2019 17:40 by Rie127 | 670 hits
Magic Mushroom Diklaim Dapat Atasi Depresi, Lebih Ampuh Dibanding Antidepresan?
Image Source: BBC

DREAMERS.ID - Magic Mushroom selama ini dikenal sebagai jamur yang menyebabkan halusinasi tingkat tinggi bagi yang mengkonsumsinya. Namun terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa jamur tersebut dapat digunakan untuk mengatasi depresi.

Penelitian dari King's College London mengungkapkan bahwa bahan aktif psilocybin yang terdapat dalam jamur dapat digunakan untuk mengobati depresi. Tentunya kandungan tersebut menjadi harapan baru bagi penderita depresi.

Studi dilakukan dengan memberikan psilocybin kepada 89 sukarelawan yang telah berpartisipasi dalam penelitian. Studi ini lalu membandingkan efek pemberian 10 miligram dan 25 miligram psilocybin, dan plasebo.

Hasilnya, para partisipan yang menggunakan psilocybin mengalami perubahan persepsi sensori dan mengalami suasana hati yang positif. Hasil ini sama dengan efek dari obat-obatan psikedelik untuk penderita depresi. Peneliti juga tidak menemukan efek samping serius terhadap fungsi kognitif dan emosional pada orang yang menggunakan psilocybin.

“Hasil penelitian ini meyakinkan secara klinis dan mendukung pengembangan psilocybin lebih lanjut sebagai pengobatan untuk pasien dengan masalah kesehatan mental yang belum membaik dengan terapi konvensional, seperti depresi yang resisten terhadap pengobatan”. kata peneliti James Rucker, dikutip dari CNN.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia, saat ini lebih dari 264 juta orang di seluruh dunia terkena depresi. Pengobatan paling umum adalah menggunakan antidepresan. Namun, jenis antidepresan ini tidak bekerja untuk semua orang dan umumnya harus dikonsumsi dalam waktu jangka panjang.

Sebaliknya, obat psikedelik seperti psilocybin dapat dengan cepat mengubah fungsi otak dan mengobati pasien depresi dengan beberapa dosis dan dikombinasikan dengan terapi.

Penelitian ini merupakan studi pertama dari dua fase pengujian terhadap psilocybin. Uji coba kedua akan melibatkan lebih banyak partisipan sebanyak 200 pasien dengan depresi di seluruh Eropa dan Amerika Utara.

Penelitian ini juga berencana akan melihat respons obat terhadap sejumlah kondisi kesehatan mental seperti kecemasan, kecanduan, dan gangguan obsesif kompulsif (OCD). Sebelumnya, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah menyetujui penggunaan psilocybin untuk mengobati beberapa jenis depresi.

Dilansir dari Live Science, terapi obat dengan zat yang ditemukan di dekat kotoran sapi tersebut dikenal dengan istilah 'breakthrough therapy', dan masih dalam masa percobaan klinis.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, GoPay sempat menyatakan wacananya untuk memungkinkan pembayaran SPP sekolah melalui aplikasinya. Pada 17 Februari kemarin, Gojek selaku penyedia platform GoPay mengumumkan telah memasukkan layanan pembayaran SPP di aplikasinya....
  • HOT !
    Selalu tampil modis dan sering hadir di acara fashion show, Lisa menjadi salah satu idola K Pop yang tak jauh dari dunia mode. Rapper BLACKPINK ini juga dikenal karena selera fashion nya yang unik. Dan baru baru ini, Lisa dikabarkan bakal punya clothing line nya sendiri!...
  • HOT !
    Ikan diketahui menjadi bahan makanan yang tak hanya lezat, namun juga mengandung banyak nutrisi. Dari sekian banyak jenisnya, ikan Pollock ternyata menjadi salah satu yang diketahui memiliki banyak nutrisi karena rendah merkuri dan mengandung omega 3. Tak perlu khawatir, karena ikan ini termasuk yang mudah untuk diolah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)