SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hampir 41 Persen Anak di Indonesia Pernah Mengalami Bullying, Bagaimana Dampaknya ?

Kamis, 05 Desember 2019 19:00 by Rie127 | 672 hits
Hampir 41 Persen Anak di Indonesia Pernah Mengalami Bullying, Bagaimana Dampaknya ?
Image Source: Tempo

DREAMERS.ID - Bullying, depresi, serta tindakan kekerasan lainnya memang semakin marak terjadi. Hal tersebut bukanlah sebuah masalah yang kecil, karena dapat memiliki dampak yang buruk jika dibiarkan terlalu lama dan semakin menyebar luas.

Hal ini dibuktikan dari penelitian yang membuktikan bahwa hampir setengah dari siswa di Indonesia mengaku pernah menjadi korban bullying. Hasil ini dibuktikan dari Penilaian Siswa Internasional atau OECD Programme For Internasional Student Assessment (PISA) 2018 yang baru saja dui rilis pada Selasa (3/12) lalu.


Image Source: liputan6

Penilaian bertaraf internasional ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa secara komprehensif, sekaligus iklim pendidikan di setiap negara anggota OECD (Organisation of Economic Co-operation and Development).

Sebanyak 41 persen siswa Indonesia dilaporkan pernah mengalami menjadi korban bullying, setidaknya beberapa kali dalam waktu 1 bulan. Persentase angka bullying siswa di Indonesia ini berada di atas angka rata-rata negara OECD,yaitu sebesar 23 persen.


Image Source: Tempo

Baca juga: Hati-hati Tulis Caption, Instagram Akan Beri Peringatakan Jika Terdeteksi Bullying

Di saat yang sama, 80 persen siswa di Indonesia mengaku perlu membantu anak-anak yang mengalami bullying. Sementara sebanyak 17 persen siswa mengaku merasa kesepian. Laporan tersebut juga mencatat, sebanyak 21 persen siswa Indonesia pernah bolos sekolah dan 52 persen datang terlambat ke sekolah.

“Di banyak negara, bullying menjadi alasan siswa untuk bolos sekolah. Sedangkan siswa yang menghargai sekolah dan menerima dukungan yang besar dari orang tua lebih kecil kemungkinan untuk bolos sekolah”. ungkap pernyataan resmi OECD.

Selain itu, laporan tersebut juga memperlihatkan iklim pertemanan antar siswa di Indonesia. Sebanyak 57 persen siswa di Indonesia mengaku saling bersaing satu sama lain, jumlah ini berada di atas angka rata-rata negara OECD, yaitu sebesar 50 persen.


Image Source: Andina.net

Sementara sebanyak 75 persen siswa mengaku memiliki teman-teman sekolah yang kooperatif atau memiliki sifat kerja sama dan saling membantu. Studi ini dilakukan setiap 3 tahun sekali, terhadap 6 ribu anak berusia 15 tahun dari 79 negara OECD. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga mencatat bahwa sebanyak 107 anak pernah menjadi korban bullying di sekolah pada 2018 lalu.

Dampak yang ditimbulkan dari bullying memang harus diperhatikan, karena bullying sendiri dapat menurunkan motivasi, menghambat prestasi, meningkatkan agresivitas, hingga menyebabkan depresi.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan helikopter saat menuju Mamba Academy, pada Minggu (26/01) pagi waktu Amerika. Banyak kenangan yang ditorehkan keduanya, salah satunya di video ini....
  • HOT !
    Indonesia memang telah remi menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 tahun 2021 mendatang dengan dipilih oleh organisasi FIFA. Kini sudah muncul nama nama stadion yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan pertandingannya....
  • HOT !
    Fenomena virus corona, atau virus Wuhan semakin meresahkan masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun belum terdapat vaksin dan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun masyarakat dapat mencegahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)