SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Ampuh Atasi Depresi, Ini Pemahaman Mengenai Obat Antidepresan dan Psikoterapi

Rabu, 27 November 2019 20:30 by Rie127 | 555 hits
Dianggap Ampuh Atasi Depresi, Ini Pemahaman Mengenai Obat Antidepresan dan Psikoterapi
Image Source: dokter sehat

DREAMERS.ID - Depresi kini menjadi salah satu masalah kesehatan yang harus diperhatikan, karena dapat menyebabkan seseorang mimilih untuk mengakhiri hidupnya. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2017, depresi berada pada urutan keempat penyakit yang mematikan di dunia.

Karena itu, gejala-gejala depresi sebaiknya jangan diabaikan, ada baiknya bagi penderita depresi untuk segera mengunjungi dokter ahli untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Penanganan awal yang pada umumnya dilakukan oleh dokter untuk mengatasi depresi dan segala bentuk masalah mental adalah psikoterapi, karena dianggap merupakan langkah penting dalam mengubah pola pikir serta membagi pengalaman yang membuat pasien tertekan.

“kalau setelah menjalani psikoterapi kondisi pasien tidak membaik atau justru menjadi lebih berat, barulah diberikan terapi tambahan seperti pemberian obat antidepresan”. ungkap Richard Budiman, seorang spesialis kejiwaan

Namun, pemberian obat antidepresan harus sesuai dengan resep dokter karena dosis perlu disesuaikan dengan kondisi pasien. Selain itu, Richard mengatakan bahwa obat golongan tertentu seperti duloxetine yang merupakan golongan SNRI (Serotonin-norepinephrine Reuptake Inhibitor) dapat meredakan rasa nyeri yang memiliki hubungan erat dengan gangguan depresi dan kecemasan.

Baca juga: Hampir 41 Persen Anak di Indonesia Pernah Mengalami Bullying, Bagaimana Dampaknya ?

Tapi obat antidepresan sendiri juga bukanlah jenis pengobatan yang akan memperlihatkan kemajuan secara cepat. Butuh waktu sekitar 2 hingga 4 minggu bagi obat ini untuk meredakan depresi yang dirasakan pasien.

Selain itu, pengobatan ini juga membutuhkan waktu yang lama yaitu minimal 6 bulan. Jika kondisi pasien sudah membaik, barulah dokter akan menurunkan dosisnya secara bertahap.

"Pada keadaan yang sangat sulit, yang bahkan tidak bisa diobati oleh antidepresan, maka akan diambil tindakan selanjutnya yaitu terapi kejut atau Electroconvulsive Therapy (ECT)," tutup Richard.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)