SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Air Liur Dapat Sembuhkan Luka, Hoax Atau Fakta?

Minggu, 24 November 2019 13:30 by sukmagayatri | 868 hits
Air Liur Dapat Sembuhkan Luka, Hoax Atau Fakta?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jika tiba-tiba terluka, refleks yang dilakukan beberapa orang adalah mengoleskan air liurnya diatas luka yang baru didapatkan. Sebab, air liur dipercaya dapat berkhasiat untuk menyembuhkan luka, namun apakah hal tersebut benar?

Berdasarkan sebuah jurnal yang berjudul ‘Journal Blood’ telah diterangkan secara ilmiah mengenai khasiat air liur yang dapat membantu penyembuhan luka.

"Air liur merangsang sel darah putih untuk membentuk jaringan efektif DNA dan protein. Ini Sebabnya, semua luka kulit dapat terhindar dari infeksi bila terkena air liur," Jelas Ole E. Sorensen, penulis ‘Journal Blood’ dari Universitas Lund Swedia. 

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) juga menyebutkan bahwa sekecil apapun kandungan protein dalam air liur tetap memiliki peran dalam menyembuhkan luka.

Namun, walaupun sudah ada beberapa jurnal yang menyatakan bahwa air liur memiliki khasiat untuk penyembuhan luka, belum ada penelitian yang cukup baik untuk membuktikan hal tersebut. Sehingga, dokter-pun tidak bisa menyarankan pengobatan luka menggunakan air liur. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)