SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Air Liur Dapat Sembuhkan Luka, Hoax Atau Fakta?

Minggu, 24 November 2019 13:30 by sukmagayatri | 902 hits
Air Liur Dapat Sembuhkan Luka, Hoax Atau Fakta?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jika tiba-tiba terluka, refleks yang dilakukan beberapa orang adalah mengoleskan air liurnya diatas luka yang baru didapatkan. Sebab, air liur dipercaya dapat berkhasiat untuk menyembuhkan luka, namun apakah hal tersebut benar?

Berdasarkan sebuah jurnal yang berjudul ‘Journal Blood’ telah diterangkan secara ilmiah mengenai khasiat air liur yang dapat membantu penyembuhan luka.

"Air liur merangsang sel darah putih untuk membentuk jaringan efektif DNA dan protein. Ini Sebabnya, semua luka kulit dapat terhindar dari infeksi bila terkena air liur," Jelas Ole E. Sorensen, penulis ‘Journal Blood’ dari Universitas Lund Swedia. 

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) juga menyebutkan bahwa sekecil apapun kandungan protein dalam air liur tetap memiliki peran dalam menyembuhkan luka.

Namun, walaupun sudah ada beberapa jurnal yang menyatakan bahwa air liur memiliki khasiat untuk penyembuhan luka, belum ada penelitian yang cukup baik untuk membuktikan hal tersebut. Sehingga, dokter-pun tidak bisa menyarankan pengobatan luka menggunakan air liur. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Setelah dilakukan uji coba pada awal tahun ini, fitur Direct Message (DM) Instagram akhirnya bisa dinikmati lewat desktop. Seperti diketahui, fitur DM selama ini hanya tersedia pada aplikasi Instagram di seluler....
  • HOT !
    Setelah virus corona menyerang Tiongkok, tepatnya memulai penyebarannya di Wuhan dan memakan banyak korban jiwa, pemerintah melakukan lockdown, agar seluruh masyarakat tetap tinggal di rumah, dan menutup objek objek wisata....
  • HOT !
    Di tengah popularitas aplikasi konferensi video Zoom yang banyak digunakan saat pandemi corona ini, aplikasi tersebut menuai keraguan tentang keamanan data penggunanya. Seakan menjawab kegelisahan itu, Skype pun merilis fitur yang dianggap aman karena diklaim tak memerlukan data pengguna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung SooJung, Kang Minhyuk, Choi MinHo, Other CNBLUE Member, Other f(x) member

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)